Lanal Cilacap Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Selasa, 19 November 2019 13:25:59 - oleh : dony


CILACAP – Sekitar 700 personil baik dari unsur TNI, Polri, dan Basarnas mengikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan di Pangkalan TNI AL Cilacap, Selasa (19/11/2019). Kegiatan ini akan berlangsung selama satu minggu hingga 25 November 2019.


Pelatihan dibuka secara resmi oleh Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, dalam upacara di Mako Lanal Cilacap. Dalam sambutannya Danlanal mengungkapkan bahwa kerawanan bencana di Kabupaten Cilacap menduduki peringkat teratas di Provinsi Jawa Tengah, dan peringkat 17 di tingkat nasional.


“Sesuai UU TNI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam operasi militer selain perang salah satu fungsinya membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana alam, pengungsian, pemberian bantuan kemanusiaan sampai pencarian dan pertolongan kecelakaan”, kata Danlanal.


Untuk menindaklanjuti tugas pokok ini Pangkalan TNI AL Cilacap menggelar latihan tersebut, dengan mengangkat tema “Melalui Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Pangkalan TNI AL Cilacap Siap Bersinergi dengan Instansi Terkait untuk Deteksi Dini dan Respon Cepat dalam Mengantisipasi Setiap Terjadinya Bencana Alam”.


Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AL dalam penanggulangan bencana, serta meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait. Usai upacara, Danlanal Cilacap bersama Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy dan Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian meninjau kesiapan sarana prasarana penunjang latihan penanggulangan bencana alam.


“Targetnya nanti kita buat produk dalam bentuk video, dan kita sebarkan ke beberapa instansi agar disampaikan kepada masyarakat agar tahu kerawanan bencana di lingkungan masing-masing”, tegasnya.


Simulasi dimulai sekitar pukul 08.50 WIB, dengan diawali sirine tanda peringatan bahaya. Selanjutnya seluruh anggota mendapat pengarahan evakuasi mandiri ke tempat yang aman, dan berlari menuju Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Dengan simulasi ini, diharapkan anggota memahami langkah evakuasi mandiri untuk pengurangan risiko bencana.(dn/kominfo)


Foto : Dari kiri, Kasim 0703/Cilacap Mayor Inf. Rofiq Alfian, Danlanal Cilacap Kol. Laut (P) Adi Lumaksana, dan Kalakhar BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy meninjau sarpras penunjang penanggulangan bencana alam.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya