Haji Harus Jadi Teladan Bagi Masyarakat

Rabu, 4 Desember 2019 13:26:47 - oleh : dony


CILACAP – Ratusan jamaah haji yang telah melaksanakan Ibadah Haji Tahun 1440 H/ 2019 mengikuti sliaturahmi di Gedung Graha Pemuda Bercahaya, Rabu (4/12/2019). Acara dikemas dalam pengajian dengan penceramah KH. Muslikhus Azhari, S.Ag, Imam Masjid Agung Darusalam Cilacap.


Kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap, dan dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji beserta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Cilacap. Melalui sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa ada beberapa hikmah yang dapat dipetik dalam pelaksanaan ibadah haji.


Diantaranya adalah harus menjadi hamba yang lebih bersyukur karena telah diberi kesempatan dan kemudahan, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji. “Terlebih bila mengingat masyarakat harus menunggu panjangnya daftar tunggu haji reguler”, kata Bupati.


Bupati berharap, para haji di Kabupaten Cilacap dapat menjadi panutan dan tauladan di tengah masyarakat. Sikap keteladanan ini tidak hanya ditunjukkan dalam hal keagamaan, tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.


Artinya haji/hajjah diharapkan menjadi pelopor dalam menciptakan iklim kondusif, sehingga berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap dalam terlaksana secara berkesinambungan. Sebab para haji merupakan potensi yang dapat diarahkan guna berperan aktif dalam pembangunan, terutama meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.


“IPHI selain menjadi wadah bagi umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji, juga diharapkan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan dan menyukseskan pembangunan di Kabupaten Cilacap”, tegas Bupati.


Sebagai informasi, pada pelaksanaan Ibadah Haji 1440 H/2019 lalu, Kabupaten Cilacap memberangkatkan sekitar 1.152 jamaah. Dari 1.152 jamaah calon haji tersebut terdiri dari 541 jamaah laki-laki dan 611 jamaah perempuan.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji berharap haji dapat menjadi tauladan bagi masyarakat.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya