Dishub Cilacap Raih Penghargaan Layanan Pengaduan dari Kemenpan RB

Selasa, 10 Desember 2019 14:15:50 - oleh : dony


JAKARTA - Pemkab Cilacap melalui Dinas Perhubungan mendapatkan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019. Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo kepada Kepala Dishub Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo di Jakarta, Senin (9/12/2019).


Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, melalui ajang ini diharapkan ke depan akan lahir pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang lebih baik. Ia juga mengajak agar instansi tidak malu untuk meniru dan mereplikasi upaya instansi lain yang telah baik.


Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap masuk dalam Top 3 Kategori Unit Pelayanan Publik, untuk Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Kepala Dishub Kabupaten Cilacap melalui Kasi Sarana, Wiwit Agung Pamuji menjelaskan LAPOR merupakan sub sistem layanan pengaduan yang terintegrasi dalam sistem Smart KIR.


“Jadi yang dinilai adalah pengelolaan pengaduan dalam sistem LAPOR tersebut. Mulai dari laporan pengaduan, hingga jawaban yang disampaikan kepada pelapor oleh tim penilai dirasa sudah cukup baik”, jelasnya.


Pengembangan layanan ini merupakan jawaban atas harapan masyarakat yang menghendaki layanan berbasis transparansi, akuntabilitas, serta akses yang mudah dan informatif. Dengan keunggulan tersebut, sistem ini sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat, terutama memberikan ruang bagi layanan pengaduan.(dn/kominfo)


Adapun instansi yang mendapat penghargaan dari Kementerian PAN RB yakni sebagai berikut :


Top 10 Kategori Instansi Pusat


A. Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik


1. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah


2. Badan Pengawas Obat dan Makanan


B. Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik


1. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi


2. Kementerian Kesehatan


C. Pengelola dengan Aspek Dampak Terbaik


1. Pemerintah Kota Banjarmasin


2. Pemerintah Kota Banjarbaru


D. Pengelola dengan Perubagan dan Perbaikan Pengelola Pengaduan Terbaik


1. Pemerintah Provinsi Jawa Barat


2. Pemerintah Kabupaten Majalengka


E. Pengelola dengan Aspek Keberlanjutan Inisiatif Terbaik


1. Pemerintah Kota Semarang


2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan


Top 3 Kategori Unit Pelayanan Publik


1. Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap


2. Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita


3. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan


Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo menerima penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya