Diskominfo Cilacap Gelar Rakor Kehumasan Bagi OPD

Kamis, 26 Desember 2019 14:11:06 - oleh : dony


CILACAP – Sektor kehumasan dalam pemerintahan memegang peranan penting dalam membina komunikasi yang baik dengan masyarakat. Sebab dengan diberlakukannya Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Humas menjadi garda terdepan dalam penyampaian informasi publik.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M Wijaya, M.M saat membuka Rapat Koordinasi Kehumasan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, di Ruang Jalabumi Setda Cilacap, Kamis (26/12/2019).


“Rakor ini bertujuan memberikan pencerahan bagi teman-teman yang menangani masalah kehumasan di masing-masing OPD, sehingga informasi yang disampaikan ke media atau masyarakat benar-benar tepat, cepat, dan memberikan informasi yang informatif”, kata Wijaya.


Dijelaskan, perkembangan teknologi informasi saat ini memungkinkan masyarakat mendapatkan akses informasi secara cepat. Oleh karena itu, Humas bertanggung jawab penuh dalam membina saluran komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Termasuk didalamnya mengidentifikasi dan menanggapi opini publik terkait kebijakan Pemerintah Kabupaten Cilacap.


Senada, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sukaryanto menjelaskan, pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan menjadi tantangan bagi sektor Kehumasan. Sehingga Humas harus menyediakan ruang bagi publik untuk mendapatkan akses informasi.


Rakor diikuti perwakilan OPD dan kecamatan. Dalam rakor ini, peserta mendapatkan materi dari dua narasumber yakni Kasi Pengelolaan Informasi dan Statistik, Irianto Budi Raharjo, dan Kasi Pengembangan Sumber Daya dan Kemitraan Komunikasi, Feti Relawati. Rakor digelar dengan metode paparan dan tanya jawab.(dn/kominfo)


Foto : Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Cilacap Drs. M. Wijaya, MM menekankan pentingnya kehumasan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya