cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
LAYANG-LAYANG SEBABKAN PADAM LISTRIK
2011-07-22 08:20:03 - by : arin

CILACAP-Saat ini di sekitar kota Cilacap sedang marak bermain layang-layang, yang dilakukan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Musim layang-layang kali ini sangat didukung cuaca dan angin yang cukup kencang, menjadikan layang-layang mudah diterbangkan. Namun sayangnya, layang-layang yang sudah diterbangkan tersebut banyak yang bersifat permanen, artinya tidak hanya diterbangkan pada siang hari saja, tetapi juga pada malam hari, bahkan layangan tersebut dibiarkan sampai jatuh sendiri.
Sayangnya, hoby bermain layang-layang tersebut mengganggu keandalan listrik PLN, sebab sering menyebabkan aliran listrik padam mendadak akibat ada layang-layang yang menyangkut di kabel jaringan listrik PLN. Kondisi padam listrik sering terjadi pada sore hari atau malam hari.
Demikian dikatakan Manajer PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan -UPJ Cilacap Kota, Haryadi.
Lebih lanjut Haryadi menjelaskan, kasus terakhir terjadi di Jalan Anggrek dalam seminggu ini sering padam, dikarenakan ada layang-layang yang menempel pada peralatan proteksi yang bekerja PMT (LMS 02) dan Recloser di Jaringan Tegangan Menengah. Umumnya layang-layang yang menyebabkan kerusakan peralatan PLN adalah layang-layang besar yang dibuat menggunakan kertas grenjeng / aluminium foil, ada juga yang diberi ekor menggunakan kaleng.
Dikatakan, hingga Rabu (20/07) dari data yang ada di PLN sedikitnya ada 21 kasus kerusakan jaringan listrik di wilayah UPJ Cilacap Kota, yang diakibatkan layang-layang menyangkut di aliran listrik. Padahal satu kasus kerusakan pada jaringan listrik, bisa mengakibatkan sekitar 5 ribu pelanggan menjadi padam.
Untuk antisipasi kondisi tersebut, PLN UPJ Cilacap Kota setiap hari melakukan inspeksi JTM terhadap adanya layang-layang yang nempel di JTM ( Jaringan Tegangan menengah), para petugas membersihkan jaringan listrik dari layang-layang yang nempel, setelah diambil layangan tersebut kemudain dibakar. "Berkaitan dengan kondisi tersebut, pihaknya menghibau kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang yang bisa mengganggu jaringan listrik. Sebab jika layang-layang menyangkut di jaringan listrik akan merugikan semua pihak, baik PLN maupun para pelanggan"jelasnya.(Arin).






 


 

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2/?pilih=news&aksi=lihat&id=2385