cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Pemkab Diminta Fokuskan Urusan Wajib Dalam RKPD Tahun 2020
2019-01-03 14:35:34 - by : dony

CILACAP – Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taswan, S.Sos meminta penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RPKD) Kabupaten Cilacap Tahun 2020 menitikberatkan enam urusan wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar.


Yakni pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, serta sosial. Keenam urusan wajib ini harus diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Saya minta semua pimpinan dan aparatur di OPD serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif. RKPD harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur”, kata Taswan.


Pada sektor pendidikan misalnya, DPRD menyoroti perlunya dibuat Program PAUD, Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun, Program Pendidikan Non Formal, Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Manajemen Pelayanan Pendidikan dan Peningkatan Sarpras yang lebih baik.


Untuk sektor kesehatan, perlu penajaman Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin, Program Pengadaan, Peningkatan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Puskesmas/Puskesmas Pembantu dan Jaringannya, Program Perbaikan Gizi Masyarakat, dan Program Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan BLUD.


Pada sektor Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang beberapa program yang perlu dioptmalkan antara lain pembangunan jalan dan jembatan, rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan, peningkatan Sarana dan Prasarana Kebinamargaan, pemberdayaan pengguna jasa konstruksi, serta pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan air limbah yang lebih baik.


Dalam Sektor Perumahan dan Kawasan Permukiman, DPRD Cilacap memandang perlunya pengembangan perumahan, Program Lingkungan Sehat Perumahan, Program Pengelolaan Areal Pemakaman dan Program Perbaikan Perumahan akibat bencana alam / sosial yang lebih baik.


Pada sektor Ketentraman, dan Ketertiban Umum, serta Perlindungan Masyarakat perlu dibuat Program Peningkatan Kesiagaan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran, Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan, Program Pemeliharaan Kantrantibmas dan Pencegahan Tindak Kriminal, serta Program Pendidikan Politik Masyarakat.


Sedangkan pada sektor sosial program yang perlu dioptimalkan yakni pemberdayaan Fakir Miskin, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya, Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial, Program Pembinaan Anak Terlantar, Program Pembinaan Eks Penyandang Penyakit Sosial.


“Dengan berfokus pada enam urusan wajib tersebut, diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2020 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada”, jelas Taswan.(wid_ags)


Foto : Ketua DPRD Cilacap Taswan,S.Sos meminta RKPD 2020 berfokus pada enam urusan wajib pelayanan dasar.

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=6957