cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
CILACAP CENTRAL PERIKANAN,KEHADIRAN STASIUN PSDKP CILACAP PERKUAT PENGAWASAN
2019-01-08 14:20:11 - by : arin

CILACAP - Indikasi praktek penangkapan ikan diluar ketentuan atau illegal fishing saat ini juga terjadi di Peraian Jawa khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.
Hal itu diungkapkan Sekretaris  Jenderal KKP yang merangkap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo.


Menurutnya, dalam pantauan pengawasan jajaran Kementerian Perikanan dan Kelauatan, indikasi yang ada cukup kuat mengarah pada kegiatan praktek illegal fishing. Baik terpantau melalui satelit maupun pendeteksi lainnya.
Untuk menanggulangi hal tersebut Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, mendirikan kantor pengawasan di Cilacap. Kantor yang terletak di Jalan Bima Gumilir Cilacap itu diresmikan pengoperasiannya oleh Sekjen KKP, Nilanto Perbowo pada Selasa (08/01).


Sebelumnya status kelembagaan Stasiun PSDKP Cilacap ini hanya merupakan satuan kerja, dan kini meninngkat menjadi stasiun dengan cakupan wilayah kerja yang cukup luas.
Lebih Lanjut menurut Nilanto Perbowo, keberadaan Stasiun PSDKP Cilacap ini memiliki peran yang sangat strategis dan tantangan berat. Sebab, institusi ini ini memiliki cakupan kerja yang sangat luas di perairan tiga provinsi yakni Jawa tengah, Yogyakarta dan sebagian Jawa Timur.
Dikatakan, penguatan kelembagaan Stasiun PSDKP yang berdiri di Cilacap ini, diikuti dengan penambahan berbagai sarpras pendukung pengawasan, seperti Kapal Pengawas Perikanan atau KKP Hiu Macan 05 . Kapal ini memiliki panjang 36 meter serta fasilitas speedboat Napoleon yang berukuran panjang 12 meter dan speedboat Marlin yang ukurannya hanya 6 meter.
Berbagai sarana dan penguatan kelembagaan ini diharapkan makin meningkatkan pengawasan penangkapan ilegal benih lobster, dan pengawasan kawasan konservasi perikanan serta pemasangan rumpon yang diduga banyak terdapat di Selatan Jawa tengah. Dengan fasilitas yang dimiliki saat ini, harapannya ilegel fising makin berkurang khususnya di wilayah perairan Jawa tengah, Yogyakarta dan sebagian Jawa Timur.


Hadir Pada kesempatan tersebut Bupati Cilacap H.Tato Suwarto Pamuji,Forkompinda Cilacap,dan Undangan  lainya.(Arin).


 


 

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=6960