cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
UNISDR GELAR LOKAKARYA TINDAK LANJUT PENGEMBANGAN KOTA TANGGUH BENCANA
2019-01-09 08:08:44 - by : dony

CILACAP - Keberhasilan upaya pengurangan risiko bencana perlu sinergi antara pemerintah, masyarakat serta dunia usaha. Hal itu disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalui sambutan yang dibacakan Kalakhar BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy, dalam pembukaan Lokakarya Tindak Lanjut Kegiatan Mewujudkan Kota Tangguh, di Fave Hotel Cilacap Selasa (8/1/2019).


”Pengurangan Risiko Bencana merupakan masalah yang cukup rumit, mengingat keberhasilannya sangat tergantung pada tingkat kesadaran masyarakat dan berbagai komponen terkait”, kata Tri Komara.


Acara tersebut dihadiri sejumlah delegasi United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), diikuti perwakilan BNPB, sejumlah pejabat, perwakilan OPD, serta relawan. Sebagai informasi, Cilacap menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti penilaian kota tangguh di kawasan Asia Pasifik. Salah satu faktor pertimbangannya adalah kajian risiko Cilacap sebagai wilayah rawan bencana.


Dijelaskan, dari 284 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Cilacap, sekitar 48,6% atau 138 desa pada 21 kecamatan merupakan wilayah rawan banjir. 91 desa pada 13 kecamatan rawan tanah longsor, 59 desa/ kelurahan pada 17 kecamatan rawan angin topan, 79 desa pada 13 kecamatan rawan kekeringan dan 40 desa/ kelurahan pada  9 kecamatan merupakan wilayah rawan gelombang pasang serta tsunami.  


Berdasarkan data tersebut, wilayah Kabupaten Cilacap menempati peringkat pertama di Provinsi Jawa Tengah dan peringkat 17 nasional dalam Indek Kerawanan Bencana Indonesia Tahun 2013. Oleh karena itu upaya pengurangan risiko bencana sangatlah penting agar korban yang timbul akibat bencana dapat ditekan seminimal mungkin.


Salah satunya dengan mengetahui tingkat kesiapsiagaan dengan melakukan Penilaian Ketangguhan  sebuah Kota melalui Pengisian Tools Premiliary dan Detailed Disaster Resilience Scorcard for Cities  yang telah dilakukan Kabupaten Cilacap bersama 19 Pemerintah Daerah di dunia yang difasilitasi oleh United Nations Office for Disaster Risk Reduction.


Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan serupa sebelumnya, agar Pemerintah Kabupaten Cilacap mempunyai rencana aksi yang akan dilakukan berdasarkan tool yang sudah diselesaikan. Bupati berharap melalui kegiatan ini prioritas kegiatan PRB dapat diketahui semua unsur masyarakat. Sehingga jumlah korban dan kerugian apabila terjadi bencana dapat ditekan.(dony/kominfo)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=6961