cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Selama Ramadhan 1440 H, TJKPD Cilacap Awasi Komoditas Pangan
2019-05-14 12:45:01 - by : dony

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD), melakukan pemantauan dan pengawasan keamanan pangan selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Hari ini, Selasa (14/5/2019) pantauan dilakukan untuk wilayah Majenang dan sekitarnya.


Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pihak pihak yang memanfaatkan kesempatan ditengah meningkatnya permintaan masyarakat, dengan menjual bahan pangan yang kurang selektif dan mengandung zat-zat kimia berbahaya.


Tim tersebut terdiri dari sejumlah personil lintas sektor, antara lain Dinas Pangan dan Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian, dan Satpol PP. Beberapa sampel produk bahan pangan segar diuji langsung di lokasi.


Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Susilan mengungkapkan, dalam pantauan ini pihaknya menghimbau agar pedagang menghormati hak-hak konsumen dengan menjual produk pangan yang segar dan bermutu, sehingga aman untuk dikonsumsi.


“Kami bersama beberapa instansi terkait terus melakukan pantauan secara berkala. Kerjasama lintas sektor sangat penting. Sebab kami berharap tidak hanya perekonomian masyarakat yang meningkat, tetapi juga kualitas SDM melalui keamanan pangan ini”, jelasnya.


Sebagai informasi, TJKPD dibentujk melalui SK Bupati Nomor 501/156/38/2016 tanggal 27 Januari 2016, Tujuannya yakni untuk melindungi masyarakat serta memastikan produk makanan dan minuman yang beredar di Kabupaten Cilacap, telah memenuhi syarat keamanan mutu dan gizi. Rencananya kegiatan ini akan digelar hingga 23 Mei 2019.(dn/kominfo)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7131