cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Pemkab Gelar Rakor Persiapan Idul Fitri 1440 H / 2019
2019-05-14 13:16:18 - by : dony

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 di wilayah Kabupaten Cilacap. Rakor dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Gedung Graha Pemuda Bercahaya, Selasa (14/5/2019).


Nampak hadir Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Wakil Ketua DPRD Cilacap Mujiono, Kapolres Cilacap AKBP Joko Julianto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, serta perwakilan Forkopimda dan tokoh masyarakat.


Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan bahwa Rakor ini merupakan media dan forum yang sangat strategis guna membangun komunikasi. Sehingga sinergitas antar lembaga dapat terwujud dalam menghadapi dan mengantisipasi permasalahan berkenaan dengan perayaan Idul Fitri.


“Beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya ketersediaan dan stabilitas harga BBM, kepokmas, dan LPG. Untuk itu pantau stok dan alur distribusi serta ambil langkah strategis di lapangan”, tegas Bupati.


Penanganan arus mudik, lanjut Bupati, juga menjadi salah satu aspek penting. Misalnya peningkatan jumlah kendaraan terutama sepeda motor, peningkatan kerawanan dan kriminalitas, serta kondisi jalan dan jembatan. 


“Optimalkan peran posko simpatik. Camat juga harus melakukan pemantauan kamtibmas di wilayah masing-masing dan berkoordinasi  dengan Forkopimda”, lanjutnya.


Selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1440 H, sejumlah kondisi sosial juga harus dicermati. Misalnya dampak interaksi pemudik dengan warga. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk turut menjaga kondusivitas wilayah, dan mewaspadai berita hoax.


“Seluruh petugas pengamanan yang terlibat harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi”, tambahnya.


Pelayanan perbankan dan kesehatan juga tak luput dari sorotan Bupati. Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat, Bupati meminta perbankan mengantisipasi kesiapan dana di setiap mesin anjungan tunai mandiri (ATM).


Sedangkan untuk pelayanan kesehatan, bupati meminta selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1440 H agar ditingkatkan sehubungan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, termasuk ketersediaan stok darah di PMI.


Untuk mendukung kelancaran tugas, Bupati menghimbau agar berbagai kegiatan dipersiapkan secara matang agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Tiap personil yang bertugas juga diminta komitmen terhadap tugas dan fungsinya masing-masing.


“Gunakan informasi untuk diimplementasikan dalam pola koordinatif, dan minimalisir persoalan di lapangan”, pungkas Bupati.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memberikan beberapa himbauan dalam Rakor Persiapan menghadapi Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Cilacap.

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7132