cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Wakil Bupati Serahkan Bantuan Pertanian
2019-09-11 08:14:12 - by : tina

CILACAP – Dalam rangka percepatan mekanisasi pertanian dan mendukung target produksi padi sebanyak 900 ribu ton pada 2019, Pemkab Cilacap menyerahkan sejumlah bantuan kepada Gapoktan. Bantuan berupa Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), peralatan mesin pertanian, dan bantuan benih padi.


Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, di Balai Penyuluhan Pertanian Wilayah Kesugihan, Selasa (10/9/2019). Adapun alsintan yang diberikan berupa power tresher, alat pemotong rumput, handsprayer elektrik, pompa air, dan traktor roda dua.


Sedangkan benih yang diberikan berupa varietas Inpari IR Zinc, yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian di Sukamandi, Kabupaten Subang Jawa Barat. Keunggulan varietas ini adalah kandungan zinc yang lebih tinggi, untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat.


Dalam sambutannya, Syamsul menjelaskan bahwa Kabupaten Cilacap merupakan salah satu penyangga pangan di Provinsi Jawa Tengah. Di kawasan ini terdapat sekitar 64 ribuan lahan pertanian padi produktif, yang setiap tahunnya mengalami surplus beras.


“Ini merupakan potensi yang sangat besar. Apabila dimanfaatkan secara optimal tidak hanya meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi juga seluruh masyarakat”, kata Wabup.


Keberhasilan ini harus diimbangi dengan pemanfaatan lahan pertanian secara optimal, penerapan Panca Usaha Tani, serta penggunaan alsintan untuk mengoptimalkan hasil produksi. Sedangkan untuk mengantisipasi kerugian gagal panen, petani disarankan mengikuti program AUTP.(gs/kominfo)


Foto : Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman menyerahkan bantuan Alsintan kepada perwakilan Gapoktan. (Sumber : Bagian Humas & Protokol Setda Cilacap)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7307