cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
HUT TNI ke 74,LANAL Cilacap Tanam Mangrov di Hutan Payau
2019-10-07 13:53:41 - by : arin

CILACAP - Serangkaian peringatan HUT TNI ke - 74 dijadikan momentum bakti TNI untuk Negeri dengan bentuk maupun wujud nyata kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, yakni melalui kegiatan pemecahan rekor muri penanaman mangrove se Indonesia. Jumlah totalnya ada sekitar Tiga Ratus Ribu Tujuh Puluh Empat pohon yang bakal ditanam secara serentak.


Tak terkecuali Lanal Cilacap yang turut melaksanakan kegiatan serupa di kawasan obwis Hutan Payau, kelurahan Tritih Kulon,Kecamatan Cilacap Utara Senin (7/10)
Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman serta sejumlah pejabat OPD dan lintas sektoral, bebragai perwakilan Perusahaan maupun dari kalangan pelajar.
Komandan Lanal Cilacap, Kolonel Laut Pelaut Adi Lumaksana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan mandat atau arahan dari Mabes TNI untuk seluruh jajaran TNI di Indonesia. Sedangkan di Cilacap sendiri bakal di tanam sekitar Empat Ribu Lima Ratus pohon Mangrove.
Lebih lanjut, dilibatkanya ratusan pelajar dalam even tersebut dinilai sebagai salah satu cara yang tepat untuk mengedukasikan pentingnya kelestarian lingkungan pada generasi muda sejak dini. Danlanal Cilacap berharap, kegiatan rekor muri penanaman ribuan pohon mangrove tersebut tidak hanya dijadikan acara seremonial semata, namun dapat berkelanjutan, khususnya dalam menjalani kehidupan sehari - hari.


Sementara itu Wabup Cilacap, Syamsul Aulia Rahman mengungkapkan, hutan Payau di Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara merupakan hutan mangrove berupa lahan rawa yang berisi tanaman mangrove seluas kurang lebih 10 hektar. Hutan Payau dinilai memiliki fungsi sebagai hutan pelindung ekosistem di kawasan laguna segara anakan. Selain itu keberadaan tanaman mangrove di hutan tersebut katanya sangat berpengaruh positif bagi kelestarian ekosistem. Oleh karenanya kelestariannya dinilai sangat penting untuk dijaga.(Rin/grh)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7350