cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Tunggakan Klaim BPJS Kesehatan di RSUD Cilacap Rp 21 Miliar
2019-10-21 14:13:49 - by : dony

CILACAP – Terhitung sejak Juli 2019, tunggakan biaya klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kepada RSUD Cilacap mencapai Rp 21 miliar. Direktur RSUD Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi merinci, rata rata biaya klaim per bulan mencapai Rp 7 miliar.


“Jadi ya 3 bulan, Juli, Agustus, September. Tentu saja mengganggu operasional kami. Tetapi kami upayakan agar pelayanan terhadap pasien tetap optimal”, kata Pramesti, Senin (21/10/2019).


Dijelaskan, RSUD Cilacap merupakan salah satu rujukan utama bagi pasien BPJS di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya. Meski demikian, pihak manajemen tidak membedakan antara pasien BPJS dan pasien umum, baik dari sisi pelayanan maupun obat yang diberikan.


Namun dengan keterbatasan anggaran operasional, RSUD Cilacap kerap mengalami keterlambatan pembayaran dengan pemasok obat. Banyak rekanan obat dan pihak ketiga lainnya yang telah melayangkan tagihan. Namun dengan komunikasi intensif, mereka dapat memahami kesulitan yang dihadapi.


“Sejauh ini kami masih upayakan, dengan penghematan di sana sini, termasuk komunikasi intens dengan rekanan. Karena mereka turut merasakan, rekanan obat dan pihak ketiga yang lain cukup sering menanyakan kepastian pembayaran”, tambahnya.


Selain dibebani biaya klaim BPJS Kesehatan yang belum terbayar, RSUD Cilacap juga terbebani biaya klaim pasien rujukan warga binaan di Lapas Nusakambangan. Sebab Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tidak memiliki anggaran khusus bagi warga binaan yang dirujuk ke rumah sakit.(dn/kominfo)


Foto : Direktur RSUD Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sukaryanto saat press conference dengan media.
cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7373