cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Wakil Bupati Buka Dayaeuhluhur Art Culture 2019
2019-10-22 08:37:28 - by : dony

DAYAEUHLUHUR, Cilacap – Dayaeuhluhur merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Letak geografis tersebut menyebabkan kawasan itu kaya akan perpaduan seni dan budaya dengan paduan unsur Banyumasan dan Sunda.


Dari perpaduan tersebut, seni budaya di Dayaeuhluhur dan kawasan Cilacap barat pada umumnya memiliki keunikan tersendiri. Hal ini harus dikelola seoptimal mungkin agar menjadi daya tarik wisata, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.


Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman saat membuka “Dayaeuhluhur Art Culture 2019” di Lapangan Desa Matenggeng, Senin (21/10/2019). Pihaknya mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Forkopimcam setempat, yang menginisiasi acara ini.


“Seperti yang kita ketahui, dari Kecamatan Karangpucung sampai Dayaeuhluhur masyarakatnya masih memegang teguh budaya Sunda. Kalau suatu saat bisa terselenggara Festival Jaipong, pasti akan menjadi daya tarik tersendiri”, kata Wabup.


Acara ini turut dihadiri sejumlah kepala OPD, antara lain Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Budi Santosa, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Sadmoko Danardono dan pejabat lainnya. 


Hadir pula Camat Dayaeuhluhur, Hari Winarno, Camat se eks Distrik Majenang dan Forkopimcam Dayaeuhluhur. Kepala Dinas P dan K Cilacap Budi Santosa berharap, “Dayeuhluhur Art Culture 2019” dapat meningkatkan kemampuan seniman dalam mengolah kekayaan seni masyarakat Dayeuhluhur.


Selain itu juga memberikan ruang bagi seniman lokal untuk mengangkat dan menyajikan kekayaan seni Pasundan, serta mendorong masyarakat Kabupaten Cilacap untuk tetap menghargai dan melestarikan tradisi yang hidup dalam lingkungan sosial masing-masing.


Pada kesempatan ini, Wakil Bupati bersama sejumlah pejabat mendapatkan kehormatan mengenakan ikat kepala tradisional dari tetua adat. Ikat tersebut telah diberi semacam doa kebaikan agar pemakainya senantiasa diberi keselamatan dan keberkahan.(ksd/dn/kominfo)


Foto : Tetua adat Desa Matenggeng Kecamatan Dayaeuhluhur memakaikan ikat kepala tradisional kepada Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman.

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7375