cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Keuntungan Deviden BUMD Signifikan
2019-11-28 14:55:44 - by : tina

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menilai penyertaan modal yang diberikan kepada sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) telah memberikan keuntungan signifikan. Sampai saat ini deviden yang tekah diperoleh dari penyertaan modal tersebut mencapai Rp 116,32 milyar, atau 167 %.


Hal itu disampaikan Bupati Tatto Suwarto Pamuji di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Cilacap, dalam Rapat Paripurna yang digelar di DPRD Cilacap, Kamis (28/11/2019). Target pendapatan deviden BUMD pada tahun 2020 direncanakan Rp 41,91 milyar rupiah.


“Apabila dibandingkan dengan target Deviden BUMD pada APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2019 angka ini naik 87,30 %”, kata Bupati.


Sementara itu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, Pemkab Cilacap telah berinovasi dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah, berdasarkan potensi riil yang ada. Hasilnya ada peningkatan PAD sebesar 22,51% dibandingkan dengan target PAD pada APBD Kabupaten Cilacap TA 2019.


Untuk mengurangi kebocoran dan kecurangan pelaporan potensi pendapatan, Pemkab Cilacap telah memasang 6 unit tapping box untuk wajib Pajak Hotel bekerja sama dengan Bank Jateng. “Kedepan akan dipasang lagi 45 unit tapping box dan Cash Register Online guna mengoptimalkan pajak hotel dan restauran”, tambah Bupati.


Adapun berkenaan dengan revisi regulasi daerah terkait dengan sektor PAD, Bupati mengutarakan pada prinsipnya hal ini dapat dilakukan sepanjang ada peraturan perundangan yang lebih tinggi sebagai dasar atau landasan hukum untuk melakukan  perubahan atas regulasi tersebut.(gs/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menilai BUMD memberi keuntungan signifikan terhadap PAD.

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7432