cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
Melalui Wayang, Warga Desa Mergawati Tahu Pencapaian Pembangunan di Cilacap
2019-11-30 01:37:59 - by : dony

KROYA, Cilacap – Ribuan warga Desa Mergawati Kecamatan Kroya Cilacap tumpah ruah memadati lapangan desa setempat, Jumat (29/11/2019) untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap.


Kegiatan ini merupakan sarana diseminasi informasi pembangunan daerah, bekerjasama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra). Pagelaran wayang kulit dimainkan oleh Ki Dalang Ogi Titis Sabdho Carito, dengan mengangkat lakon Aji Narantaka.


Kepala Desa Mergawati, Agus Ruswandi mengapresiasi penyebaran informasi keberhasilan pembangunan melalui media wayang kulit. Menurutnya, pesan pesan pembangunan yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh masyarakat, karena dikemas dalam bentuk hiburan informatif.


Dijelaskan, Desa Mergawati memiliki potensi besar khususnya dalam bidang seni budaya. Akan tetapi untuk mengoptimalkan hal tersebut, dibutuhkan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini, pengembangan seni budaya di desa tersebut masih perlu digalakkan dengan dukungan seluruh pihak.


Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya, MM dalam sambutannya mengungkapkan, desa kini memiliki sumber daya yang besar untuk mengembangkan potensi dan wilayahnya baik dari segi anggaran maupun sumber daya manusia.


“Desa desa kini mendapat anggaran yang besar dari pemerintah pusat. Namun saya berpesan agar berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab kita sebagai perpanjangan tangan pemerintah ibarat ikan dalam akuarium yang bisa dilihat dari berbagai sudut”, jelasnya.


Oleh karena itu, Wijaya berpesan agar dana desa digunakan dan dipertanggung jawabkan sebagai mana mestinya. Acara tersebut dibuka secara simbolis dengan penyerahan tokoh wayang Gatot Kaca dari Kepala Diskominfo, kepada Ki Dalang Ogi Titis Sabdho Carito.


Pada kesempatan ini disampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Cilacap telah berhasil meraih sejumlah penghargaan. Antara lain di bidang pelayanan publik, sejumlah penghargaan diraih oleh beberapa OPD dan Bupati mendapat predikat pembina pelayanan publik dengan kategori sangat baik.(dn/kominfo)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2/
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2//?pilih=news&aksi=lihat&id=7435