WAYANG GOLEK MERIAHKAN PERINGATAN HUT RI 73

Senin, 3 September 2018 13:16:03 - oleh : widi


CILACAP - Ribuan penonton memadati Alun-alun Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap untuk menyaksikan pagelaran wayang golek dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (1/9/2018).


Pagelaran wayang golek Jenggala Manik bersama Dalang Rusma Wigandi, AS yang mengangkat lakon “Kresna Mbangun Maladewa” ini menyita perhatian banyak orang, terbukti dengan membludaknya penonton. 


Camat Wanareja Bintang Dwi Cahyono AP MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap yang telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Wanareja sebagai tempat pagelaran wayang golek. Selain sebagai tontonan dan hiburan bagi masyarakat  Wanareja, wayang golek juga sebagai media tuntunan yang disampaikan dalam lakon tersebut. 


“Pagelaran wayang golek  ini digelar sebagai wujud kepedulian terhadap dua budaya dan bahasa yang ada di Wanareja yakni budaya dan bahasa Sunda, serta budaya dan bahasa Jawa". Ungkpnya.


Sementara itu, Ketua Umum Panitia HUT RI 73 Tingkat Kabupaten Cilacap, Tri Komara Shidy Wijayanto mengatakan bahwa Kesenian wayang golek di Kabupaten Cilacap, saat ini nyaris punah, bahkan saat ini hanya satu orang dalang wayang golek yang masih bertahan yakni Dalang Rusma Wigandi, AS dari Dayeuhluhur.


“Ini yang harus di uri-uri bersama agar jangan sampai punah, dengan memberikan ruang bagi pegiat wayang golek, mulai dari dalang, peniyaga hingga sinden. Salah satunya melalui pagelaran saat rangkaian peringatan HUT RI,” Ungkap Tri komara. 


Dalam kesempatan tersebut panitia menyerahkan penghargaan kepada lima seniman Cilacap. Masing-masing dipilih berdasarkan kategori seperti pelestari seni yang diberikan kepada Kamyati sebagai seniman lengger, Alfian Harfy sebagai penggerak seni, Komunitas Sangkanparan sebagai komunitas seni, Daryono Yunani sebagai pencipta seni dan Sultan Dzaki Trisnaji sebagai anak muda berkarya. (widi/kominfo)


 


Foto : Pagelaran Wayang Golek Dalang Rusma Wigandi, AS

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya