368 PESERTA CAT FORMASI KABUPATEN CILACAP LULUS SKD

Selasa, 6 November 2018 12:58:43 - oleh : dony


CILACAP -  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk formasi Kabupaten Cilacap telah berakhir Senin (5/11/2018) kemarin. Dari seluruh peserta yang mengikuti SKD, hanya 368 orang yang berhasil melampaui passing grade yang ditetapkan BKN.


Berdasarkan rekapitulasi Badan Kegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, total peserta SKD dengan computer assested test (CAT) formasi Kabupaten Cilacap sebanyak 8.342 orang. Dari jumlah tersebut, peserta yang hadir mengikuti SKD sebanyak 8.122 orang.


SKD diselenggarakan selama 4 hari sejak Jumat (2/11/2018) hingga Senin (5/11/2018). Untuk pelaksanaan hari Jumat, SKD diikuti 1.685 peserta. Sesi pertama dikhususkan bagi peserta formasi K2 sebanyak 19 orang, cumlaude sebanyak 3 orang, disabilitas 4 orang, ditambah formasi umum 269 orang.


Untuk formasi K2, 10 orang dinyatakan lulus. Sedangkan formasi cumlaude, 3 peserta juga dinyatakan lulus. Adapun formasi untuk penyandang disabilitas, hanya 2 peserta yang dinyatakan lulus. Sesi kedua dan seterusnya diikuti peserta formasi umum. Total peserta yang lulus passing grade hari pertama sebanyak 67 orang.


Selanjutnya pada seleksi hari kedua, dari 2.300 peserta hanya 66 peserta yang lulus. Untuk seleksi hari ketiga dengan 2.300 peserta, hanya 148 peserta yang berhasil lulus. Dan pada seleksi hari keempat yang diikuti 1.862 peserta, hanya 87 orang peserta yang berhasil lulus. Penentuan lulus tidaknya peserta mengacu pada passing grade (ambang batas).


Ada tiga item yang diujikan dalam SKD, yakni Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 143. Dari keseluruhan peserta, prosesntase kelulusan SKD untuk formasi Kabupaten Cilacap hanya sekitar 4,53 %. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Kabupaten Cilacap mengungkapkan, SKD penerimaan CASN Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di GOR Satria Purwokerto telah tuntas. Pemkab Cilacap sendiri tidak dapat berbuat banyak menyikapi hasil ujian SKD. Sebab pengadaan CASN tahun 2018 sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah pusat.


“Kita tidak bisa berbuat banyak. Sebab sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah pusat. Bahkan putranya Pak Heroe (Kepala BKPPD Cilacap – red) yang ikut SKD juga tidak lolos”, kata Sekda dalam Rakor Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap di Ruang Jalabumi, Setda Cilacap, Selasa (6/11/2018).


Pansel saat ini masih menunggu waktu pengumuman peserta yang lulus SKD. Peserta yang lulus SKD, selanjutnya dijadwalkan mengikuti tahapan selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot nilai mencapai 60 %. Apabila peserta gagal dalam SKB, maka peserta dapat mencoba pendaftaran CASN gelombang berikutnya.(dony/kominfo)


Foto : Sekda Cilacap Farid Maruf (berkemeja putih) didampingi Kepala BKPPD Cilacap Heroe Harjanto saat memberi pengarahan dan motivasi kepada peserta SKD CAT di GOR Satria Purwokerto, Jumat (2/11/2018).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya