BUPATI SEPAKATI USULAN DPRD TERKAIT RAPBD 2019

Selasa, 6 November 2018 15:41:06 - oleh : dony


CILACAP – Bupati Cilacap menyetujui usulan yang disampaikan DPRD Cilacap melalui pandangan umum fraksi, terkait Rancangan Peraturan Daerah APBD 2019. Hal itu disampaikan Bupati dalam Rapat Paripurna DPRD Cilacap dengan agenda Tanggapan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi, Selasa (6/11/2018).


“Pada dasarnya kami menyetujui usulan DPRD Cilacap terkait Raperda APBD 2019”, kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.


Dalam pandangan umum fraksi yang disampaikan pada Rapat Paripurna sehari sebelumnya, beberapa persoalan yang mendapat sorotan antara lain defisiit RAPBD 2019 sebesar Rp 196 miliar. Defisit itu rencananya ditutup dengan perkiraan SILPA tahun anggaran 2018.


Selanjutnya terkait peningkatan kesejahteraan GTT/PTT akan dilakukan bertahap dengan mengacu peraturan perundangan yang berlaku.  Hal ini dilakukan dengan pertimbangan kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas.


Terkait dengan peningkatan PAD sebesar Rp 1 triliun, Pemkab Cilacap memandang perlu kerja keras dan komitmen semua pihak. Hal ini dapat dicapai secara bertahap melalui inovasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah, berdasarkan potensi riil yang ada di Kabupaten Cilacap.


Pemkab Cilacap juga mengubah pola penetapan target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apabila penetapan target PAD Definitif semula mengacu target PAD pada APBD Definitif tahun sebelumnya, mulai Tahun Anggaran 2018 penentuan target definitif PAD mengacu target PAD pada Perubahan APBD tahun anggaran sebelumnya.


Untuk menjamin kualitas dan umur atas hasil pekerjaan infrastruktur sesuai standar Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemkab Cilacap akan mengoptimalkan peran SKPD pengampu kegiatan fisik,  agar meningkatkan pengendalian dan pengawasan kegiatan melalui optimalisasi tenaga pengawas dan pemeriksa hasil pekerjaan.


Adapun terkait iklim investasi di Kabupaten Cilacap, patut disyukuri karena berkembang secara dinamis. Sebagai gambaran jumlah investasi di Kabupaten Cilacap pada tahun 2018 hingga bulan Oktober 2018 mencapai Rp 6,56 triliun. Sumbangan terbesar berasal dari sektor listrik, gas, dan air sebesar Rp 5,84 trilyun dan sektor perdagangan sebesar Rp 371 milyar.(dony/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya