20 PEMUDA CILACAP IKUTI PELATIHAN LAS LISTRIK 6 G GRATIS DARI PERTAMINA

Selasa, 6 November 2018 15:50:32 - oleh : arin


CILACAP- Kabupaten Cilacap menjadi salah satu kawasan industri di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kondisi seperti ini harus didukung dengan SDM yang memiliki standar kompetensi, sesuai jabatan kerja yang dibutuhka dalam dunia kerja. Menjawab tantantangan tersebut, sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kompetensi masyarakat sekitar, Pertamina RU IV Cilacap, menyelenggarakan pelatihan kejuruan ketrampilan las listrik 6G untuk masyarakat lingkungan operasi perusahaan.
Pelatihan terselenggara atas kerjasama dengan BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) Provinsi Jawa Tengah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pemberdayaan, bertempat di Aula BLKI Cilacap selasa (06/11)pagi.
General Manager Pertamina RU IV , Djoko Priyono dalam sambutannya, berharap dengan adanya program pelatihan las , para peserta dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya untuk menjadi juru las yang handal dari Kabupaten Cilacap, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga menjadi lebih baik.
Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada pemuda lulusan SMA/SMK yang belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,untuk mengikuti pelatihan las listrik peringkat 6G yakni peringkat tertinggi dalam sertifikat kompetensi las listrik.
Lebih lanjut Djoko Priyono mengatakan, pelatihan las listrik 6 G tahun 2018, dikuti sebanyak 20 Peserta yang merupakan perwakilan pemuda dari kelurahan-kelurahan di Eks Kotip Cilacap, yang sudah dinyatakan lolos dalam tes kesehatan. Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, selama pelatihan para peserta pelatihan las listrik akan mendapat materi teori dan praktek oleh instruktur dari BLKI Provinsi Jateng. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pertamina bersama BLKI, sejak tahun 2002 - 2017 sebanyak 373 pemuda telah mengikuti kegiatan pelatihan las.
Hal serupa juga dikatakan Kepala BLKI Prov Jateng, Guntoro Sejati, SE, berharap agar kerjasama dalam program pelatihan-pelatihan untuk masyarakat dapat terus berlanjut untuk membantu peningkatan skill para pemuda Cilacap.(ARIN)


 


 

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya