PERMAINAN TRADISIONAL MERIAHKAN HUT KORPRI

Rabu, 7 November 2018 15:04:08 - oleh : dony


CILACAP – Berbagai permainan tradisional masih menjadi kegiatan utama dalam peringatan HUT ke – 47 Korpri Tahun 2018 tingkat Kabupaten Cilacap. Sejumlah tim perwakilan dari OPD jajaran Pemkab Cilacap nampak antusias mengikuti perlombaan yang berlangsung di Alun-Alun Cilacap, Rabu (7/11/2018).


Berbeda dengan sebelumnya, perlombaan kali ini khusus diperuntukkan bagi karyawan berstatus PNS. Permainan yang dilombakan adalah dagongan dan bakiak. Dagongan merupakan permainan tradisional yang dimainkan secara beregu. Tiap tim diperkuat 5 orang dan harus adu kuat dengan tim lawan mendorong sebatang bambu.


Tim yang berhasil mendorong mundur tim lawan hingga melewati garis batas dinyatakan sebagai pemenang. Khusus untuk dagongan hanya dimainkan oleh tim putra. Sedangkan bakiak, diiikuti oleh tim putra dan putri. Bakiak merupakan permaian beregu yang dimainkan sejumlah orang.


Permainannya menggunakan sandal dari kayu dan membutuhkan kekompakan tim. Tiap kelompok harus adu cepat mencapai garis finish. Guyuran hujan deras selama perlombaan berlangsung tidak menyurutkan antusias peserta, namun justru membuat suasana makin meriah. Licak lumpur dan genangan air, membuat lomba bertambah semarak.


Ketua Umum Panitia HUT ke – 47 Korpri Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan, permainan tradisional sengaja digelar sebagai upaya pelestarian. Selain itu, perlombaan ini menjadi sarana silaturahmi antar karyawan OPD jajaran Pemkab Cilacap.


“Melalui lomba permainan tradisional, diharapkan generasi muda tetap mengenal beragam permainan tersebut”, ungkapnya.(dony/kominfo)


Foto : Permainan dagongan, tim harus saling adu kuat mendorong sebatang bambu hingga salah satu tim mundur melewati garis pembatas.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya