Bupati Tekankan Optimalisasi Target RKPD 2020

Kamis, 3 Januari 2019 12:52:47 - oleh : dony


CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta Kepala OPD di jajarannya untuk mengoptimalkan capaian target Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2020. Tujuannya untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.


“Jadi mulai sekarang kita susun target-target yang bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat, yang menyenangkan. Artinya yang berguna dan memang dibutuhkan masyarakat”, kata Bupati.


Hal itu disampaikan dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2020, yang digelar di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap, Kamis (3/1/2019).


Setelah perencanaan dan target disusun secara optimal, Bupati menekankan agar seluruh OPD bekerja keras mengerahkan segenap tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan tersebut. Pada forum tersebut, dipaparkan sejumlah isu strategis pembangunan tahun 2020.


Yakni kualitas sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan yang bersih transparan, kolaboratif, demokratis, efisien, efektif, dan akuntabel, serta perekonomian dan inovasi daerah. Kemudian pengentasan pengangguran dan kemiskinan, dan kualitas ketersediaan infrastruktur wilayah.


Kepala Bidang Program dan Evaluasi Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Daryono selaku panitia menjelaskan, forum ini bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2020.


“Kegiatan ini diikuti sekitar 118 orang terdiri dari perwakilan unsur stakeholder dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap”, kata Daryono.


Selain dihadiri, acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Ketua DPRD Cilacap Taswan, serta anggota DPRD Kabupaten Cilacap Didi Yudi Cahyadi dan Purwati. Ada tiga paparan yang disampaikan dalam forum ini.


Yakni Pokok Pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Cilacap, Gambaran Keuangan dan Pendapatan Daerah oleh Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Cilacap, Subiharto, serta Arah Kebijakan Pembangunan oleh Plt. Kepala Bappelitbangda Cilacap, Sumbowo.(don_mjn)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji (tengah) tekankan optimalisasi target RKPD 2020 untuk percepatan pembangunan.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya