TOL LAUT BAKAL EKSPANSI KE PANGANDARAN

Kamis, 31 Januari 2019 15:35:33 - oleh : arin


CILACAP - Pogram tol laut atau pelabuhan perintis, saat ini memiliki rute baru yakni Cilacap - Banyuwangi - Nusa Tenggara Barat, pulang pergi (PP). Bahkan direncanakan rutenya akan diperpanjang hingga Pangandaran.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cilacap, Wigyo mengatakan, untuk pengembangan rute, saat ini pihaknya sedang melakukan observasi pelabuhan Pengandaran, dari Cilacap ke arah Jawa Barat, hingga Prigi.


Lebih lanjut rute dari Cilacap ke Pangandaran diklaim cukup potensial, lantaran memiliki hubungan dagang. Dari Cilacap kapal membawa tepung ke Pangandaran, sebaliknya dari Pangandaran akan mengangkut batu untuk bripofit dibawa ke Cilacap.


Sementara itu dalam kunjungannya ke Cilacap, Kabid Pelayaran Dishub Provinsi Jateng, Untung Sirinanto mengatakan, pada tahun 2019 ini pelayaran tol laut Cilacap - NTB cukup prospektif. Terlebih layanan kapal perintis dengan kapasitas besar yaitu sekitar 3000GT. dalam setiap keberangkatannya dapat membawa komoditas bahan baku yang lebih bervariasi. Tidak hanya semen saja. tapi juga lainya seperti bahan baku garmen, produk UMKM, hasil perikanan dan pertanian.


"Tahun kemarin sudah cukup bagus progresnya, kedepan untuk program di tahun 2019 akan kami dorong untuk tidak hanya mengangkut semen saja. Tetapi bisa juga bahan baku lainya seperti produk UMKM, hasil perikanan maupun pertanian ke sejumlah pelabuhan di jalur selatan pulau Jawa hingga NTB," ungkapnya.


Untung menambahkan, pihak Provinsi maupun Gubernur Jawa Tengah sepenuhnya mendukung tol laut di Cilacap. Namun untuk memenuhi target muatan, pihaknya berharap, pemegang jabatan maupun dinas terkait dapat menjalin sinergitas yang baik. Sehingga pertumbuhan ekonomi dimasing - masing wilayah melalui layanan tol laut semakin meningkat. (guruh)


 

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya