Kabupaten Cilacap Kirim Beras Perdana ke DKI Jakarta

Rabu, 6 Maret 2019 15:22:51 - oleh : dony


CILACAP – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Cilacap mengirimkan beras hasil produksi Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Kidul ke PT. Foodstation Tjipinang Jakarta, Rabu (6/3/2019). Beras yang dikirimkan sebanyak 60 ton, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat DKI Jakarta.


Pengiriman perdana diresmikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf dan Ketua DPRD Cilacap Taswan. Hadir pula Kepala KPw Bank Indonesia Jakarta dan Purwokerto, Forkopimda, serta perwakilan Gapoktan.


Direktur Utama PT. Foodstation, Arief Prasetyo Adi menyambut baik kerjasama dengan Pemkab Cilacap. Menurut dia, kerjasama ini sangat menguntungkan mengingat petani Cilacap menginginkan harga jual dan penyerapan produk yang stabil.


Di sisi lain, warga DKI Jakarta membutuhkan pasokan bahan pangan dari daerah-daerah penghasil, karena wilayah tersebut sudah tidak memiliki lahan pertanian. Sehingga PT. Foodstation selaku BUMD Pangan di Jakarta bekerjasama dengan Pemkab Cilacap untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga.


“Transaksinya kalau di Pasar Induk Cipinang Jakarta mencapai 3.000 ton sehari. Nanti minimal nilai transaksi kita bisa mencapai Rp 20 miliar. Tapi nilai ini belum ada apa apanya karena potensi kami sampai sekitar Rp 2 triliun”, kata Arief.


Dengan potensi yang begitu besar, lanjut Arief, pihaknya berupaya mendorong petani dan Gapoktan di Cilacap untuk meningkatkan produksi. Pihaknya juga berupaya memastikan harga pembelian yang layak, serta kepastian waktu pembayaran.


Sebagaimana diketahui. Kabupaten Cilacap tiap tahun mengalami surplus beras sekitar 300 ribuan ton. Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas harga dan meningkatkan kesejahteraan petani, Pemkab Cilacap menjalin kerjasama dengan BUMD DKI dalam memperluas pemasaran produk pertanian.


Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman saat membacakan sambutan Bupati, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, upaya ini merupakan langkah strategis dalam membentuk tata niaga komoditi beras yang telah terstruktur di Kabupaten Cilacap.


“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat memperpendek rantai distribusi dari produsen kepada konsumen. Sehingga meningkatkan nilai tawar dan kesejahteraan para petani”, kata Wakil Bupati.(dony/kominfo)


Foto : Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman memecahkan kendi peresmian pengiriman beras perdana produksi Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Kidul ke DKI Jakarta.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya