Pemkab Cilacap Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2020

Rabu, 6 Maret 2019 16:10:14 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, Rabu (6/3/2019). Acara yang digelar di Gedung Graha Pemuda Cilacap ini dipimpin Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, S.STP.,M.Si.


Hadir pula Sekretaris Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Drs. Juwandi, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, S.T.,M.M, para Asisten Sekda, Forkopimda, Kepala OPD, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta sejumlah undangan lainnya.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap, Sumbowo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, program kegiatan pagu indikatif, indikator, target kinerja, serta lokasi.


“Serta penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional dan pembangunan Provinsi Jawa Tengah”, kata Sumbowo.


Dalam forum ini dirumuskan sejumlah fokus pembangunan, antara lain belum optimalnya pemberdayaan UKM dan pengembangan Desa Wisata. Rendahnya pemanfaatan iptek dan hasil inovasi, serta masih kurangnya keanekaragaman pangan.


Kemudian belum optimalnya pelayanan perizinan dan promosi investasi, belum optimalnya pelayanan infrastruktur wilayah, rendahnya rata-rata lama sekolah, masih tingginya gizi buruk, dan belum optimalnya pemberdayaan dan penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).


Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs, Farid Ma’ruf, ST.,MM dalam paparanya menjelaskan, prediksi pendapatan daerah dalam rancangan RKPD 2020 mencapai Rp 2,744 triliun. Rinciannya PAD Rp 557 miliar, dana perimbangan Rp 1,490 triliun, dan lain lain pendapatan yang sah Rp 697 miliar.


Meski demikian, dengan rencana belanja daerah yang mencapai Rp 3,759 triliun terdapat defisit Rp 1,056 triliun. Rincian belanja dan pengeluaran pembiayaan meliputi belanja langsung Rp 1,9 triliun, belanja tidak langsung Rp 1,859 triliun dan pengeluaran pembiayaan Rp 42 miliar.


Rencana program dan kegiatan yang belum dapat diakomodir dalam Rancangan RKPD Kabupaten CIlacap Tahun 2020 yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan provinsi, akan diteruskan dalam Musrenbang di tingkat pusat dan provinsi. 


Adapun hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2020, merupakan bahan penyusunan  rancangan akhir RKPD Kabupaten CIlacap Tahun  2020, dan sebagai bahan masukan untuk membahas rancangan RKPD Provinsi dalam Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Tengah.(dony/kominfo)


Foto : Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taswan, S.Sos menandatangani berita acara penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2020. Turut menyaksikan penandatanganan, Wabup Cilacap Syamsul Aulia Rachman (tengah) dan Sekda Cilacap Farid Maruf (kanan).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya