Forum Muda Lintas Iman Kabupaten Cilacap Gelar Sarasehan

Jum`at, 8 Maret 2019 17:55:53 - oleh : widi


CILACAP - Berita hoax yang tersebar di masyarakat dalam media social atau portal-portal berita saat ini beberapa diantaranya menimbulkan keresahan dan ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerintah. Selain itu juga dapat berpotensi mengadu domba antar komponen masyarakat. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutanya yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap Drs. Hari Winarno, M.Si. dalam acara Sarasehan Kepemudaan Forum Muda Lintas Iman Kabupaten Cilacap yang mengangkat tema “Gerakan Kaum Milenial Melawan Hoax dan Isu Sara” yang dilaksanakan di Ruang Edelwais Hotel Dafam Cilacap, Jumat (08/02/2019).


Bupati atasnama Pemerintah Kabupaten menyambut baik dan menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Forum Muda Lintas Iman Kabupaten Cilacap atas terselenggaranya acara Sarasehan Kepemudaan dan Deklarasi Pemilu Damai dalam melawan berita bohong atau hoax dan isu sara, karena generasi milenial merupakan generasi yang dinilai paling rentan ‘tertelan’ oleh berita bohong atau hoax.


Dijelaskan, hoax adalah sebuah tipuan dan kebohongan yang menyamar sebagaimana halnya kebenaran. Istilah ini popular di internet dan media sosial karena peredaran hoax lebih mudah berkembang di internet dan media social. 


“Berita hoax dapat tersebar secara cepat karena tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia yang cukup tinggi” ungkap Bupati.


Bupati menghimbau kepada peserta sarasehan untuk tetap bijak ketika menggunakan internet, media sosial atau media lainya. Tidak mudah percaya kepada semua berita atau kabar yang dibaca, paling tidak dengan melakukan dua langkah, yaitu memeriksa kembali kebenaran suatu berita dengan membandingkanya dari sumber lain yang dapat dipercaya, dan tidak menyebarkan ulang jika dirasa berita tersebut tidak benar.


Senada Kapolres Cilacap AKBP Djoko Juliyanto, SIK. MH, yang diwakili Kasat Binmas AKP Agus Subiyanto menjelaskan saat ini banyak beredar berita yang seolah-olah berita baik padahal itu hoax. Kapolres menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya anak muda yang mewakili generasi milenial untuk bisa menyaring sebelum sharing, dan mengcross check kebenaran berita yang diterima.


“Kalau kita mendapatkan berita atau konten, baik itu dari WA atau facebook atau media social yang lainya, hendaknya cerdas dan jeli akan kebenaran berita tersebut, jangan asal share berita yang kita dapat” jelas Kapolres.


Kapolres menambahkan, menghadapi Pilpres dan Pileg mendatang pihaknya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menjaga situasi aman dan kondusif sehingga pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar, lebih penting lagi generasi muda untuk aktif dan berpartisipasi dalam mensukseskan Pilpres dan Pileg dengan memberikan hak suaranya di TPS.


Kegiatan ini dihadiri oleh Sekdin Kominfo, Kapolres Cilacap, Dandim 0703/Cilacap, anggota Forum Muda Lintas Iman (FMLI), ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan perwakilan Organisasi Kepemudaan Kabupaten Cilacap, serta undangan lain. (wid_gs)


versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya