Sekda Buka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2019

Selasa, 12 Maret 2019 10:51:46 - oleh : dony


CILACAP – Sebanyak 658 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2018 di lingkungan Pemkab Cilacap, mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III Tahun 2019. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf,S.T.,M.M di Aula Diklat Praja, Selasa (12/3/2019).


Acara tersebut dihadiri Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Andi Suryanto,S.STP.,M.Si, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Warsono,S.H.,M.Hum, Kepala Diskominfo Cilacap, Drs. M. Wijaya, M.M, serta sejumlah perwakilan OPD Cilacap.


Dalam sambutannya, Sekda menekankan agar para peserta memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam meningkatkan kinerja Pemkab Cilacap. Oleh karena itu, pelatihan ini digelar guna membentuk ASN yang profesional, serta menguasai tanggung jawab, serta tugas pokok dan fungsinya.


“Kenapa harus ada pelatihan dasar, agar anda bekerja secara efisien dan efektif. Begitu masuk ke dinas dapat langsung kerja, tahu tupoksi, dan dapat melayani masyarakat dengan baik”, kata Sekda.


Lebih lanjut, Sekda menegaskan bahwa ASN harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya. ASN juga harus bertindak sejalan dengan norma, dan menjunjung tinggi etika profesi. Terlebih di tahun politik, meski tetap memiliki hak pilih, ASN harus tetap mengedepankan netralitas.


“ASN tidak boleh berpolitik, tidak boleh diintervensi oleh politik. Harus punya martabat dan harga diri”, tegas Sekda.


Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Andi Suryanto,S.STP.,M.Si selaku penyelenggara berharap, Latsar ini menjadi langkah awal pengabdian kepada masyarakat.


“Pelatihan Dasar ini merupakan kerjasama antara Pemkab Cilacap dan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Penjaminan mutu dan penentu kelulusan dilakukan secara terintegrasi, tidak hanya akademis tetapi juga kehadiran yang ditentukan Tim Evaluasi Akhir”, tegasnya.


Ada empat poin utama terkait yang ditekankan dalam pelatihan ini, yakni sikap dan perilaku bela negara meliputi konsep kesiapsiagaan dan wawasan kebangsaan. Aktualisasi nilai-nilai dasar PNS, yang akan diterapkan dalam proses pelayanan publik.


Aktualisasi kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI. Serta penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya. Pembukaan Latsar ditandai penyematan tanda peserta oleh Sekda, dan pemberian ucapan selamat dari penyelenggara dan perwakilan Pemkab Cilacap.(don/tkn)


Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Maruf, S.T.,M.M menyampaikan selamat kepada perwakilan peserta Latsar CPNS Tahun 2019 di lingkungan Pemkab Cilacap.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya