Gubernur Jawa Tengah Serahkan Sejumlah Bantuan untuk Kabupaten Cilacap

Senin, 8 April 2019 16:11:06 - oleh : dony


CILACAP – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kepada sejumlah penerima di Kabupaten Cilacap. Bantuan diserahkan secara simbolis dalam satu acara di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (8/4/2019).


Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Maruf, para asisten Sekda, sejumlah pejabat Setda, kepala OPD, serta Direktur Bank Jateng, Supriyatno. Hadir pula perwakilan dari sejumlah kelompok masyarakat penerima bantuan dari Peprov Jateng dan Perusda.


Bantuan tersebut antara lain peningkatan jalan Pesanggrahan – Ciwuni Rp 10 miliar, pengembangan Puskesmas Cilacap Selatan II Rp 8 miliar, Bantuan Ketahanan Masyarakat dan KPMD untuk Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi, dan bantuan RTLH Rp 30 juta untuk Tukijan, warga Desa Karangsari Adipala.


Bantuan pembangunan gedung Ponpes Al Barakah Kawunganten Lor Rp 35 juta, pembangunan gedung MI Yabakii Desa Planjan Kesugihan Rp 70 juta, pemberian Kartu Jateng Sejahtera kepada 848 penerima, dan bantuan sepeda motor untuk Rumah Yatim Bengawan Al Kautsar Kroya.


Selanjutnya bantuan keuangan untuk 50 keluarga miskin masing masing Rp 500 ribu, bantuan 1 unit mobil operasional untuk SLB Negeri Cilacap, bantuan untuk 165 unit RTLH senilai total Rp 1,65 miliar, 2 unit APPD dan cultivator senilai Rp 88,8 juta untuk Kelompok Tani Ridho Hidayah Desa Panisihan Maos.


Bantuan lainnya berupa 2 unit bangunan dam penahan senilai Rp 80 juta kepada Kelompok Tani Silih Asuh Sepatnunggal Majenang, sarpras pemadam kebakaran hutan senilai Rp 83,5 juta kepada masyarakat Mitra Polhut Tri Manunggal  Desa Sawangan Jeruklegi.


Gubernur juga menyerahkan bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada penerima bantuan iuran di Kabupaten Cilacap. Gubernur berharap bantuan ini dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya para penerima.


“Sebenarnya hari ini kita sampaikan dan kita perbandingkan dari 2018 lalu, kita sudah memberikan bantuan keuangan apa saja dan 2019 untuk apa saja. Alokasinya bermacam macam, ada infrastruktur, pendidikan, kesehatan termasuk jaminan kepada mereka yang berkebutuhan khusus”, kata Gubernur.


Transparansi


Bantuan tersebut, kata Ganjar disampaikan dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait transparansi pengelolaan anggaran, dan bermuara pada akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Dari sini akan diketahui mana program yang menjadi skala prioritas di Kabupaten Cilacap.


"Sebenarnya kalau mau konkret kita perlu banyak biaya dan bantan itu tidak akan pernah cukup. Sehingga kita dorong tidak hanya dari APBN atau APBD, tetapi ekstensi potensi pendapatan diluar APBD”, tambahnya.


Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Menurut Wakil Bupati, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memberi perhatian besar untuk Kabupaten Cilacap, khususnya dalam meningkatkan infrastruktur. 


“Oleh karena itu kami mohon arahan dan bimbingan atas bantuan yang diberikan, agar menjadi keberkahan bagi masyarakat Cilacap”, kata Wakil Bupati. 


Sebelum menyerahkan bantuan di Pendopo Wijayakusuma, Gubernur juga menyerahkan bantuan insentif tahun 2019 untuk 3.415 guru keagamaan  se-Kabupaten Cilacap di Pondok Pesantren Al Fiel Kecamatan Kesugihan. Gubernur juga meninjau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Maos.(dn_gs/kominfo)


Foto : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada sejumlah penerima di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Senin (8/4/2019).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya