Bupati Canangkan BBGRM ke XVI di Desa Pesanggrahan Kroya

Senin, 15 April 2019 15:02:10 - oleh : dony


PESANGGRAHAN, Kroya – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) ke XVI, di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, Senin (15/4/2019). Acara ini juga dirangkai dengan kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 47 tingkat Kabupaten Cilacap.


Turut hadir Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Forkopimda, para asisten Sekda, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, kepala OPD, pengurus Tim Penggerak PKK, Forkopimcam, kepala desa di Kecamatan Kroya, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan.


Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa dalam laporannya menjelaskan, pencanangan BBGRM salah satunya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.


“Tujuannya menjaga dan melestarikan budaya Bangsa Indonesia, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotong royongan, dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan” kata Arifin.


Terkait dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Tetty Rohatiningsih mengungkapkan, Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah wajib mendukung program pemerintah. Gerakan PKK juga senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dinamika pembangunan di Indonesia.


“Sasaran pencapaian program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata kegiatan PKK sebagai gerakan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera”, kata Tetty.


Sementara itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, pencanangan BBGRM dapat mempertahankan patok-patok budaya kegotong royongan masyarakat. Masyarakat juga diminta tetap melestarikan budaya gotong royong, demi kesuksesan pembangunan di Kabupaten Cilacap.


Pencanangan BBRGM dilakukan secara simbolis oleh Bupati, dengan pemukulan kentongan diikuti segenap Forkopimda Kabupaten Cilacap. Pada kesempatan ini, Bupati juga menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan kepada masyarakat.


Acara ini dimeriahkan penampilan kesenian tradisional tek tek kentongan, dan tari kontemporer. Tiap perwakilan dari sejumlah kecamatan juga membuka stan, yang menampilkan berbagai produk unggulan dari wilayahnya masing-masing.(dony/kominfo)


Foto : Bupati Tatto Suwarto Pamuji meninjau stan salah satu kecamatan dalam pencanangan BBGRM ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke - 47 di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, Senin (15/4/2019).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya