Desa Bingkeng Kecamatan Dayaeuhluhur Juara I Lomba Desa Tahun 2019

Senin, 15 April 2019 15:39:24 - oleh : dony


PESANGGRAHAN, Kroya - Desa Bingkeng Kecamatan Dayaeuhluhur berhasil keluar sebagai Juara I dalam Lomba Desa dan Kelurahan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Posisi selanjutnya yakni Desa Surusunda Kecamatan Karangpucung sebagai Juara II dan Desa Jetis Nusawungu sebagai Juara III.


Sedangkan untuk evaluasi perkembangan kelurahan, Kelurahan Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara keluar sebagai Juara I. Disusul Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan sebagai Juara II, dan Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah sebagai Juara III.


Piagam penghargaan diserahkan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke – XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 47 tingkat Kabupaten Cilacap di Desa Pesanggrahan Kroya, Senin (15/4/2019).


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin SR mengungkapkan, penetapan juara ini dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 411.4/814/29 tanggal 12 April 2019, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019. 


“Program ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Wilayah yang dinilai adalah desa/kelurahan dengan perkembangan yang paling cepat di lingkup kabupaten/kota”, kata Arifin.


Dijelaskan, perkembangan suatu desa/kelurahan dinilai berdasarkan data, dan ditindak lanjuti dengan pantauan di lapangan. Aspek yang perlu diperhatikan, yakni keberlanjutan program yang diinisiasi, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.


Ada tiga aspek yang dinilai dalam lomba ini, yakni pemerintahan, evaluasi bidang kewilayahan, dan kemasyarakatan. Evaluasi pemerintahan meliputi kinerja dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan berbasis teknologi informasi (e-Government), serta pelestarian budaya.


Aspek kewilayahan antara lain identitas, inovasi, tanggap darurat dan kesiapsiagaan bencana serta pengaturan investasi. Sedangkan aspek kemasyarakatan antara lain, partisipasi masyarakat, kamtibmas. PKK, pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta penanggulangan kemiskinan.(dn_gs/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (kiri) menyerahkan piagam penghargaan untuk Desa Bingkeng Kecamatan Dayaeuhluhur sebagai Juara I Lomba Evaluasi Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya