Pentas Seni TMII, Cilacap Tampilkan Pelangi di Perbatasan

Senin, 8 Juli 2019 10:02:12 - oleh : dony


JAKARTA – Pementasan musik dan tarian berjudul ‘Pelangi di Perbatasan’ yang dibawakan Duta Seni Kabupaten Cilacap dari Sanggar Giyan Lakhsita, memukau penonton di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (7/7/2019).


Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji juga turut hadir bersama istri Teti Rohatiningsih, didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Cilacap Heroe Harjanto, serta sejumlah pejabat dan kepala OPD di jajaran pemerintahan Kabupaten Cilacap.


Pertunjukan kali ini cukup istimewa, karena dihadiri Paguyuban Wijayakusuma, perkumpulan perantau asli Cilacap yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Pelangi di Perbatasan merupakan cerminan keanekaragaman budaya Kabupaten Cilacap di wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.


“Kabupaten Cilacap berada diantara Jawa Tengah dan Jawa Barat merupakan sebuah pelangi perbatasan. Disitulah kami melihat suatu kekayaan budaya, seni, dan tradisi sebagai suatu keindahan yang mempersatukan”, kata Bupati.


Kultur masyarakat yang beragam tidak hanya menciptakan identitas budaya yang berbeda. Tetapi juga melahirkan budaya baru yang memperkuat semangat kebangsaan. Oleh karena itu identitas ini menjadi simbol bagi wilayah perbatasan seperti Kabupaten Cilacap.


Tidak hanya itu, para Duta Seni Cilacap juga menampilkan sendra tari ‘Babad Alas Kadipaten Donan’. Stand dan both pameran Cilacap juga dimeriahkan berbagai produk unggulan dan kuliner khas Cilacap. DItampilkan bula berbagai souvenir dan batik khas Cilacap.(dn/kominfo)


Foto : Penampilan para duta seni dari Sanggar Giyan Lakshita Kabupaten Cilacap di Anjungan Jawa Tengah TMII, Minggu (7/7/2019). Acara tersebut turut dihadiri Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya