Siswa dan Guru Sekolah Adiwiyata Ikuti PLH di Jambusari

Rabu, 7 Agustus 2019 14:01:55 - oleh : dony


JERUKLEGI, Cilacap – Sekitar 200 siswa beserta guru pendamping dari 21 SMP/MTs dan MA Adiwiyata dari Kabupaten Cilacap, mengikuti kegiatan Pembelajaran Lingkungan Hidup (Outbond) di Bumi Perkemahan Jambusari, Desa Jambusari Kecamatan Jeruklegi, Rabu (7/8/2019). 


Acara dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Awaludin Muri secara simbolis, ditandai penyerahan kaos olahraga dan tanda peserta kepada perwakilan siswa. Dalam sambutannya, Awaludin berharap agar peserta menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing.


“Di era industri 4.0 ini berubah saja tidak cukup, tetapi harus secara cepat, gesit. Nanti anak-anakku akan menjadi agen perubahan yang kita harapkan, menjadikan lingkungan Cilacap semakin baik”, katanya.


Para siswa, lanjutnya juga diharapkan dapat menjadikan sekolahnya meraih Adiwiyata, baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Sebagai informasi, dalam waktu yang relatif singkat, 13 sekolah dari Kabupaten Cilacap telah berhasil meraih Adiwiyata tingkat nasional.


“Harapan kami, anak-anakku yang hadir di sini dapat membantu meraih predikat Adiwiyata tingkat provinsi, dan dikembangkan lagi hingga nasional”, tambahnya.


Kepala Bidang Pengelolaan sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Hartono, selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pengelolaan lingkungan, khususnya pengendalian pencemaran udara.


Sehingga terwujud lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat melalui kegiatan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari penuh dengan bimbingan instruktur dari Nusakambangan Team Building.(dn/kominfo)


Foto : Kepala DLH Kabupaten Cilacap Awaludin Muri (kanan), Wakil Ketua Nusakambangan Team Building, Brojo Pamungkas (kiri) berfoto bersama perwakilan siswa peserta PLH di Bumi Perkemahan Jambusari Jeruklegi, Cilacap.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya