Pemkab Cilacap Gelar MTQ Pelajar ke 34 Tahun 2019

Senin, 2 September 2019 11:33:52 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar ke 34, Senin (2/9/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti ini dibuka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.


Acara tersebut dihadiri jajaran Forkopimda, jajaran Kantor Kemenag, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. Kabag Humas dan Protokol yang juga merupakan Plt. Kabag Kesra Setda Cilacap, Taryo menjelaskan, peserta terbaik akan mewakili Cilacap pada kegiatan serupa tingkat Provinsi Jawa Tengah.


Ada sekitar 800 orang undangan dan kafilah yang hadir pada acara tersebut. Rinciannya yakni tamu undangan sebanyak 66 orang, peserta cabang Tilawah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA 144  peserta, dan cabang Tartil SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA 144 peserta.


Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah SMP/MTs 48 peserta, cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah SMA/MA 48 peserta, Dewan Hakim, Panitia, Pendamping dan Kafilah sebanyak 350 orang. Juara 1 akan mewakili MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah tanggal 28-31 Oktober 2019 di Asrama Haji Donohudan Solo.


“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan bakat seni membaca Al Quran di kalangan pelajar”, kata Taryo.


Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang mengasah kemampuan para Qori dan Qoriah di Kabupaten Cilacap untuk mengukir prestasi di masa-masa mendatang.


“Oleh karena itu saya mengajak agar kegiatan ini bukan hanya sebagai acara rutin, tetapi juga motivasi bagi umat Islam untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis”, pungkas Bupati.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji membuka MTQ Pelajar ke 34 Tingkat Kabupaten Cilacap 2019. Bupati berharap kegiatan ini menjadi ajang mengasah kemampuan Qori dan Qoriah  untuk mengukir prestasi di masa-masa mendatang.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya