Bupati Buka Pameran Perpustakaan 2019

Senin, 9 September 2019 11:51:39 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, bekerjasama dengan Gramedia menggelar Pameran Buku, Arsip dan Perpustakaan di Graha Pemuda Jl. Jenderal Sudirman Cilacap. Acara ini berlangsung hingga 18 September 2019.


Pameran dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Senin (9/9/2019), dihadiri kepala dan perwakilan OPD jajaran Pemkab Cilacap, serta para pegiat literasi. Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan, kegiatan ini dikemas secara linear mendukung Bangga Mbangun Desa.


Berbagai acara juga digelar untuk memeriahkan Pameran Buku ini, antara lain tes TOEFL, lomba menggambar, dan sebagainya”, kata Supriyanto.


Sementara itu Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji berpendapat bahwa, pengembangan Sumber Daya Manusia dapat diawali dengan membangun literasi dan budaya gemar membaca. Bahan bacaan yang dipilih juga haruslah bermanfaat dan sesuai perkembangan zaman. 


“Orang orang belajar adalah melalui literasi. Kebanyakan orang-orang yang sukses merupakan orang yang minat bacanya tinggi”, kata Bupati.


Menurut Bupati, saat ini budaya membaca di kalangan masyarakat cukup tinggi. Namun minat baca masyarakat sendiri masih sangat rendah. Dalam hal ini pemilihan bahan bacaan yang digemari masih terbatas pada informasi yang diperoleh dari media sosial.


“Budaya membaca sekarang ini luar biasa, tapi minat bacanya kurang. Budaya membaca, misalnya baca WA, baca SMS. Ini budayanya luar biasa, tapi minat akan bacaan yang bermanfaat masih kurang”, jelasnya.


Bupati berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendapat bahan bacaan berkualitas. Pada kesempatan ini diserahkan pula penghargaan kepada para juara lomba perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2019. 


Juara 1 diraih Perpustakaan Desa ‘Ngudi Raharjo’ Desa Sikampuh Kecamatan Kroya. Juara 2 diraih Perpusdes ‘Mekar Jaya’ Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, dan Juara 3 diraih Perpusdes “Sekar Kinasih” Desa Sidareja Kecamatan Sidareja. Diserahkan pula penghargaan kepada 10 pengunjung/pemustaka tergiat.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (kanan) membuka Pameran Buku, Arsip, dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap Tahun 2019.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya