Pertama Kalinya, Uji KIR Bisa Menangkan Berbagai Hadiah

Selasa, 10 September 2019 16:46:57 - oleh : dony


CILACAP – Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Bank Jateng menyelenggarakan Undian Berhadiah bagi pemilik kendaraan bermotor wajib uji di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 yang jatuh pada 17 September.


Hadiah utama berupa Lemari Es 2 pintu, TV LC2 32 inchi, HP Android, dan sejumlah hadiah hiburan termasuk 10 voucher uji KIR gratis. Peserta undian merupakan pemilik kendaraan bermotor wajib uji (KBWU) yang jatuh tempo pada periode Maret hingga September 2019. 


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo mengungkapkan, undian ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Cilacap, bahkan di Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya untuk memotivasi pemakai jasa uji kendaraan bermotor di Cilacap, agar dapat memenuhi kewajibannya tepat waktu.


Disebutkan, ada tiga aspek tujuan utama kegiatan ini, yaitu keselamatan, mengurangi pencemaran, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat agar meyakini bahwa kendaraan yang lulus uji merupakan kendaraan yang laik jalan. Manfaatnya untuk pengendalian kendaraan yang beroperasi di jalan.


“Kita tahu sekarang sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan faktor teknis kendaraan itu sendiri. Ada dua penyebab kecelakaan yakni human error dan faktor teknis kendaraan”, jelasnya.


Di Kabupaten Cilacap setidaknya ada 16 ribuan KBWU, namun hanya sekitar 13 ribuan kendaraan kendaraan yang aktif menjalani pengujian. Sedangkan 3 ribuan kendaraan lainnya tidak aktif karena berbagai hal seperti mutasi, rusak, keengganan pemilik kendaraan, dan faktor lainnya.


Adapun target yang ditetapkan untuk retribusi pengujian kendaraan bermotor tahun ini sebesar Rp 1,6 miliar. Dari besaran tersebut, hingga September realisasinya sekitar Rp 1 miliar atau 70 %. Di Kabupaten Cilacap sendiri ada 2 UPT Pengujian kendaraan bermotor, yakni UPT Cilacap dan Majenang.


“Dua-duanya sudah terakreditasi. Dalam satu hari kendaraan yang diuji sekitar 80 sampai 100 kendaraan. Pemerintah bukan semata mengejar PAD, tetapi lebih kepada jaminan keselamatan teknis kendaraan pada pemilik KBWU”, jelasnya.


Pemilik kendaraan bermotor wajib uji juga dapat mendaftar Uji KIR melalui ponsel Android. Sistem ini terintegrasi dalam sebuah layanan ‘Smart KIR’. Sehingga masyarakat dapat melakukan pendaftaran secara online secara mudah dan cepat, dengan kepastian waktu dan biaya.(dn/kominfo)


Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo mengundi kupon undian kendaraan wajib uji. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kabupaten Cilacap dan Jawa Tengah untuk meningkatkan kesadaran pemilik KBWU dalam memenuhi kewajibannya.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya