Tingkatkan Kualitas Produksi, Dinas Pertanian Dorong Penggunaan Alsintan

Selasa, 8 Oktober 2019 08:44:16 - oleh : dony


CILACAP – Salah satu ancaman serius dalam sektor pertanian di Indonesia adalah rendahnya regenerasi di kalangan petani. Saat ini sumber daya manusia di bidang pertanian lebih banyak diisi oleh mereka yang telah berusia lanjut, dengan tingkat produktivitas yang makin menurun.


Sebaliknya, generasi muda baik lulusan fakultas pertanian maupun lainnya enggan turun langsung ke lapangan karena beragam sebab. Misalnya akses permodalan yang terbatas, hingga persepsi bahwa pertanian tidak mampu menunjang masa depan.


Di sisi lain, minat generasi muda dalam bidang pertanian terus menurun. Oleh karena itu Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap terus mendorong penguasaan penerapan teknologi dan SDM unggul. Menurut Kepala Dispertan Cilacap, Supriyanto, hal ini sangat diperlukan untuk menekan biaya produksi.


Upaya ini telah dilakukan Dinas Pertanian dengan terus menyosialisasikan penggunaan peralatan mesin pertanian (Alsintan) seperti combine harvester saat panen raya agar leh efektif dan efisien. Selain menghemat biaya dan waktu, penggunaan alsintan dapat memberikan kualitas panen yang lebih baik.(dn/kominfo)


Sumber : Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap

Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya