Wakil Bupati Launching Kapal Pelra Banawa Nusantara 70

Selasa, 8 Oktober 2019 14:22:52 - oleh : dony


CILACAP – Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) Banawa Nusantara 70 siap beroperasi. Kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk Pemkab Cilacap itu dilaunching oleh Wsakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman di UPT Pelabuhan Sungai Danau Perairan Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Selasa (8/10/2019).


Bersama Wakil Bupati, turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi, Asisten Administrasi Uong Suparno. Hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo serta sejumlah undangan lainnya.


Dalam laporannya Kepala Dishub Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo menjelaskan, keberadaan Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 sangat berguna untuk menjangkau sejumlah wilayah di perairan Kabupaten Cilacap.  Misalnya Kelurahan Kutawaru dan Kecamatan Kampung Laut.


“Kapal ini sangat berguna untuk melancarkan akses transportasi, sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat”, jelasnya.


Sementara itu Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berharap, kapal bantuan hibah dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal. Mengingat sebagian wilayah Kabupaten Cilacap berada di perairan, kapal ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan mobilitas.


“Dalam operasionalnya nanti kita akan gandeng pihak ketiga. Beberapa ketentuan nanti kita akan tuangkan dalam MoU, salah satunya terkait pengelolaan, kapal tersebut tidak boleh mangkrak”, jelasnya.


Sebagai gambaran, Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 memiliki panjang sekitar 13,5 meter dengan lebar 4 meter dan bobot sekitar 35 gross ton (GT). Selama empat bulan, biaya perawatan ditanggung Pemkab Cilacap dengan alokasi Rp 250 juta. Rencananya pada 2020, kapal akan dikelola pihak ketiga melalui sistem lelang.(dn/kominfo)


Foto : Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman (kedua dari kanan) saat launching Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 di UPT Pelabuhan Sungai Danau Perairan Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap di Seleko, Cilacap.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya