You are currently viewing 110 Pasien Ikuti Operasi Katarak Gratis Peringatan Hari Jadi Cilacap

110 Pasien Ikuti Operasi Katarak Gratis Peringatan Hari Jadi Cilacap

CILACAP – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-168 Kabupaten Cilacap, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Cilacap melalui RSUD Cilacap dan RSUD Majenang menggelar bakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki BPJS.

Kegiatan yang bertajuk “Mata Jendela Dunia” ini dilaksanakan pada Sabtu, 2 Maret 2024, di dua lokasi, yaitu Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap dan Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Cilacap. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 110 orang, yang dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama, sebanyak 44 pasien menjalani operasi katarak di IBS RSUD Cilacap pada hari yang sama. Gelombang kedua, sebanyak 47 pasien menjalani operasi katarak di RSUD Majenang, yang terbagi menjadi dua tahap, yaitu 20 pasien pada Sabtu, 2 Maret 2024, dan 27 pasien pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Acara ini dibuka oleh PJ Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, Pj Sekda Cilacap Sujito, para asisten, Panitia Peringatan Hari Jadi Ke-168 Kabupaten Cilacap, Ketua PMI Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, serta jajaran pengurus PMI Kabupaten Cilacap. Turut hadir pula para kepala OPD terkait, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, Forkopincam Kesugihan, Kepala UPTD Puskesmas, Ketua PMI Kecamatan, Kepala Desa Slarang, dan tokoh masyarakat di Kesugihan.

IMG 20240302 WA0016

Dalam sambutannya, Awaluddin mengapresiasi kerjasama antara PMI dan Dinkes Cilacap yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis secara rutin sejak tahun 2011. Ia berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat yang mengalami katarak dapat melihat kembali indahnya dunia dan berkumpul bahagia bersama keluarga tercinta.

“Ini adalah bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat yang patut dicontoh. Semoga dengan operasi katarak gratis ini, para peserta dapat merasakan manfaatnya dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Awaluddin.

Sebelum menjalani operasi, para peserta terlebih dahulu melakukan screening atau pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata dari RSUD Cilacap, serta pemeriksaan tekanan darah, gula darah, tes swab antigen, tes HIV, dan tes HbSAg oleh tim medis PMI Kabupaten Cilacap. Bagi peserta yang lolos pemeriksaan, pihak keluarga pendamping menandatangani inform consent atau persetujuan operasi.

Selanjutnya setelah menjalani operasi, para peserta akan melakukan follow up atau kontrol mata di Poli Mata RSUD Cilacap sesuai jadwal yang diarahkan oleh dokter spesialis mata. Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah kebutaan akibat katarak dan meningkatkan kesehatan mata masyarakat Cilacap. (dn/Kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM