You are currently viewing 168 Pengurus PMI Kabupaten Cilacap Tingkat Kecamatan Dikukuhkan
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma'ruf, ST.,MM selaku Ketua PMI Kabupaten Cilacap mengukuhkan 168 pengurus PMI tingkat Kecamatan.

168 Pengurus PMI Kabupaten Cilacap Tingkat Kecamatan Dikukuhkan

CILACAP – Sebanyak 168 pengurus PMI kecamatan se-Kabupaten Cilacap masa bakti 2021 – 2026 dikukuhkan, Selasa (22/6/2021). Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST.,MM selaku Ketua PMI Kabupaten Cilacap, di Pendopo Wijayakusuma Cakti.

Dalam sambutannya, Farid menekankan tujuh prinsip PMI. Yakni kemanusiaan, di mana PMI bukanlah organisasi yang bertujuan mencari keuntungan. “Jadi siapapun yang membutuhkan PMI, maka PMI harus hadir di tengah-tengah masyarakat,” kata Farid.

Prinsip kedua yaitu kesamaan, yang menentang diskriminasi dalam memberikan bantuan. Prinsip selanjutnya adalah kenetralan yang berarti tidak memihak kepada siapapun. Prinsip keempat yaitu kemandirian yang menandakan bahwa sekalipun PMI merupakan kepanjangan pemerintah, namun tetap harus mandiri, tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun.

Prinsip kelima adalah kesukarelaan. Hal tersebut berarti ketika PMI membantu masyarakat sifatnya sukarela. “PMI ini kan sifatnya sukarela. Jadi jangan sampai mengharapkan hidup dari PMI, tapi mari hidupkan PMI,” tegas Farid.

Prinsip berikutnya adalah kesatuan yang menandakan PMI harus bisa menyatukan berbagai lapisan, perbedaan etnis, agama dan lain sebagainya. Prinsip yang terakhir adalah kesemestaan mengenai tugas dan tanggungjawab yang sama di dalammenolong sesama.

Farid juga mengajak segenap pengurus untuk aktif dalam menyosialisasikan tentang keberadaan PMI kepada masyarakat.

Farid menutup sambutannya dengan menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus PMI kecamatan. “Selamat kepada para pengurus PMI Kecamatan. Semoga bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, amanah, tulus dan ikhlas demi kemajuan PMI,” tutup Farid.(ndn/kominfo)

Link dokumentasi : https://drive.google.com/drive/folders/1V42t2KVkqqGbiNW61Skmw812TWzmzxFA?usp=sharing

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM