26.000 Sertipikat PTSL Siap Diserahkan
Program PTSL di Kabupaten Cilacap ditargetkan selesai pada 2023.

26.000 Sertipikat PTSL Siap Diserahkan

CILACAP – Sebanyak 75.000 sertipikat dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk Kabupaten Cilacap telah siap. 26.000 diantaranya bahkan telah siap diserahkan kepada masyarakat.

211.000 Sertipikat PTSL

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Cilacap, Karsono, Selasa (5/1) menjelaskan, tahun ini pihaknya akan menyelesaikan 211.000 sertipikat program PTSL. Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dari Pemkab Cilacap agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancer.

“Secara simbolis akan diserahkan kepada 30 perwakilan masyarakat. Ada 26.000 sertipikat yang sudah siap, dari 75.000 yang sudah selesai”, kata Karsono usai penyerahan sertipikat tanah untuk masyarakat Indonesia yang diserahkan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.

Acara penyerahan sertipikat tanah di Kantor ATR/BPN Cilacap ini dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, perwakilan Forkopimda, serta perwakilan masyarakat penerima sertipikat tanah.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan jumlah sertipikasi tanah mengingat luasnya wilayah Kabupaten Cilacap. “Dengan adanya sertipikat, tentunya dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai jaminan untuk pinjaman modal”, jelasnya.

Sebagai informasi, Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan 24 kecamatan dan 284 desa/kelurahan. Desa yang sudah masuk ke program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah sebanyak 54 desa dengan 1,4 juta bidang tanah. Ditargetkan program PTSL di Kabupaten Cilacap selesai pada tahun 2023.(dn/kominfo)

Baca Juga: BPN Cilacap Kembali Bagikan Sertipikat Tanah Kepada Masyarakat Pendaftar

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM