You are currently viewing 44 Desa Siap Gelar Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2022

44 Desa Siap Gelar Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2022

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama jajaran Forkopimda menggelar Rakor Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2022, Rabu (9/2/2022). Rencananya, Pilkades akan digelar pada hari Senin Pon, 28 Maret 2022. Pilkades akan diikuti 44 desa pada 18 kecamatan, kecuali Kecamatan Bantarsari, Cipari, dan Karangpucung.

Rapat dipimpin Bupati Tatto Suwarto Pamuji, didampingi Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman. Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Dian Setyabudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Achmad Arifin Santosa, serta para Camat terkait.

“Pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah dilakukan pada tanggal 3 – 7 Februari 2022. Jumlah DPT sebanyak 226.988 pemilih dengan rincian 113.715 pemilih laki laki, dan 113.273 pemilih perempuan,” kata Kepala Dispermades Cilacap, Achmad Arifin dalam laporannya.

Sesuai SE Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ Tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pendemi Covid-19, tempat pemungutan suara berjumlah 516 TPS. Mengingat pelaksanaannya masih dalam suasana pandemi, pemungutan suara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji meminta agar persiapan pelaksanaan Pilkades direncanakan dengan matang. Sehingga dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. “Pilkades merupakan proses pergantian pimpinan pemerintah desa, dimana jabatan kepala desa diatur masa jabatannya. Dan ketika berakhir, harus ada pemilihan kepala desa,” kata Bupati.

Untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap ketentuan protokol kesehatan, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengingatkan agar Pilkades tidak diiringi dengan euforia berlebihan. Pihaknya juga akan menerjunkan personil untuk mengamankan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak. Adapun paparan teknis persiapan pelaksanaan Pilkades serentak, selanjutnya disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dian Setyabudi.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM