You are currently viewing 53 Tahun, LPPL Bercahaya FM Tetap Mengudara Di Tengah Masifnya Perkembangan Teknologi
Kantor LPPL Bercahaya FM yang berlokasi di jalan MT. Haryono No. 22, Tegalreja, Cilacap. (dok.bercahayafm)

53 Tahun, LPPL Bercahaya FM Tetap Mengudara Di Tengah Masifnya Perkembangan Teknologi

CILACAP – Perkembangan teknologi informasi memang semakin tidak dapat dibendung. Hal ini yang mengharuskan radio, salah satu media informasi yang digemari masyarakat di era 80 dan 90-an, harus berusaha untuk mengejar zaman dan berinovasi agar tak ketinggalan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap M Wijaya saat memberikan sambutan dalam peringatan hari ulang tahun LPPL Bercahaya FM Cilacap pada Selasa (14/09/2021). Menurutnya, cara agar radio khususnya LPPL tidak tenggelam adalah dengan beradaptasi dan berinovasi.

Pak Wijaya di HUT LPPL
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap M Wijaya.

“Perkembangan informasi yang besar-besaran saat ini, mengakibatkan media informasi lama hampir hilang. Semua beralih ke ponsel dan sosial media. Karena itu, LPPL harus bisa berinovasi, ini tantangan untuk kita.” Kata Kadiskominfo sekaligus Ketua Dewan Pengawas LPPL Bercahaya FM.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap Sukaryanto menyampaikan penghargaan kepada staf LPPL Bercahaya FM atas dedikasi dan loyalitasnya sehingga LPPL Bercahaya FM menjadi radio yang dicintai oleh masyarakat Cilacap.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan untuk teman-teman LPPL, berkat teman-teman LPPL ini tetap dicintai masyarakat Cilacap dan dapat mengudara dengan baik.” Jelasnya.

Perkembangan teknologi yang kian masif harus memotivasi LPPL Bercahaya FM untuk ikut serta dalam perkembangan media informasi ke era digital, “salah satu fungsi LPPL adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat. Maka dari itu, kita harus ikut perkembangan zaman mengikuti masyarakat dan  merambah ke media digital seperti live streaming misalnya.” Tambah Sekdin Diskominfo Sukaryanto.

Sejak didirikan pada 53 tahun lalu, tepatnya pada 11 September 1968, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Bercahaya FM atau yang dulu dikenal dengan nama Radio Wijaya Kusuma, terus mengabdi untuk ikut serta memberikan informasi dan memberikan kontribusi positif melalui program acara penyiaran untuk masyarakat Cilacap.

Radio yang mengudara pada frekuensi 94,30 MHz bertujuan untuk menyampaikan program yang informatif, edukatif, dan menjadi salah satu pihak yang melestarikan kebudayaan asli dengan terus menyajikan program siaran kebudayaan lokal Cilacap. Kini LPPL Bercahaya FM juga bisa didengarkan dengan live streaming di http://bercahayafm.com/.

Prestasi terbaru LPPL Bercahaya FM adalah memenangkan penghargaan kategori Iklan Layanan Masyarakat Terbaik dengan tema Pencegahan Penyebaran Covid-19 dalam Anugerah Penyiaran KPID Jawa Tengah pada 11 Juni lalu. (mia/kominfo)