You are currently viewing 62 Anggota Kwarcab 1101 Cilacap Terima Penghargaan

62 Anggota Kwarcab 1101 Cilacap Terima Penghargaan

CILACAP – Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap menyerahkan sejumlah penghargaan kepada anggotanya. Penghargaan tersebut adalah Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) berupa Lencana Melati, Lencana Dharma Bhakti dan Lencana Pancawarsa.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Kwarcab Farid Ma’ruf dalam suatu upacara di halaman pendopo Wijayakusuma Sakti pada Selasa (1/9). Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah pengurus Kwarcab 1101 Cilacap.

Penghargaan Lencana Melati diberikan kepada tiga orang, Lencana Dharmabakti 18 orang dan Lencana Pancawarsa 40 orang. Selain itu ada satu orang penerima penghargaan Pancawarsa Utama yang sudah diterimakan pada peringatan HUT ke-59 Pramuka tingkat Kwarda Jateng.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula penghargaan untuk hasil Lomba Kwarran Tergiat Tahun 2020 dan hasil Lomba Cipta Puisi Tahun 2020 Tingkat Kwarcab 1101 Cilacap.

Ketua Kwarcab Farid Ma’ruf dalam sambutannya menyampaikan selamat dan bangga atas peran anggota dalam keaktifan dan kepedulian kepada gerakan pramuka.

“Selamat kepada kakak-kakak dan adik-adik sekalian yang telah menerima penghargaan. Ini menunjukan bahwa kakak-kakak dan adik-adik tidak hanya semata-mata menjadi anggota gerakan Pramuka tetapi juga telah membuktikan keaktifan dan kepedulian kepada gerakan Pramuka,” kata Farid Ma’ruf.

Namun demikian, Farid juga mengingatkan bahwa penghargaan yang telah diterima tidak hanya menjadi kebanggaan semata tetapi juga menjadi tanggung jawab moral dalam mengembangkan gerakan Pramuka.

“Penghargaan ini sebagai spirit yang kuat untuk terus bergerak mengembangkan gerakan Pramuka demi mencetak tunas bangsa yang taqwa, pekerja keras, disiplin, tidak mudah menyerah, peduli, jujur dan rela berkorban,” lanjut Farid.

Pramuka, Covid-19 dan Bela Negara

Lebih lanjut Farid Ma’ruf juga menyinggung peran Pramuka dimasa pandemi, dimana banyak aksi sosial dan edukasi yang telah dilakukan sekaligus sebagai perwujudan bela negara.

“Dengan karakter dan ketrampilan yang kita miliki, Pramuka harus terus mengedukasi sekaligus memberi contoh orang di sekitar kita untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna percepatan penanganan bencana covid-19,” tambah Farid.

Selama masa pandemi, Kwarcab 1101 Cilacap secara langsung telah ikut dalam percepatan penanganan covid-19. Diantaranya pembagian masker dan sembako kepada masyarakat terdampak covid-19, ikut serta pengiriman personil dalam tugas piket posko bersama dan posko perbatasan serta penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum di wilayah Kabupaten Cilacap.

 

 

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM