Orari Cilacap Sukseskan HUT 164 Cilacap

ORARI Lokal Cilacap Sukses Gaet 745 Peserta dalam Special Event Station

CILACAP – Ditengah upaya pencegahan merebaknya wabah Covid 19 dengan Social Distancing, ORARI Lokal Cilacap sukses menggelar kegiatan dalam rangka peringatan hari jadi ke 164 kabupaten Cilacap yang diikuti 745 peserta partisipan atau stasiun radio amatir dari seluruh dunia, pada hari Jumat s.d Minggu 20-22 Maret 2020.

Kegiatan bertajuk Special Event Station atau Special Call 8A164CLP (baca : eight alpha one six four charlie lima papa) diadakan dalam rangka  peringatan hari jadi kabupaten Cilacap ke 164 dengan menggaungkan lewat pemancar radio amatir event hari jadi ini keseluruh dunia serta bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan anggota ORARI dalam komunikasi radio.

Baca juga : Camat Diminta Awasi Lingkungan Masing-Masing

Ketua panitia Agung Purwoko Yulianto, S.T. (YC2DFD) mengatakan, meskipun dengan keprihatinan dan kewaspadaan terhadap Cofid 19 ORARI Lokal Cilacap tetap melaksanakan agenda tahunan ini. Sedianya acara akan digelar di pendopo kabupaten Cilacap dan dibuka oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji (YD2TTO). Sebagai anggota amatir radio Bupati juga akan menjadi net control station (pengendali frekuensi) setelah pembukaan, tapi akhirnya dibatalkan.

“Kita harus patuhi himbauan atau anjuran pemerintah terkait Covid 19, seperti Social Distancing. Alhamdulillah teman-teman panitia tetap semangat mengudarakan moment hari jadi ke 164 kabupaten Cilacap dengan radio pemancar dari rumah masing- masing,” imbuhnya.

Orari Cilacap Sukseskan HUT 164 Cilacap
Special Event Station digelar dalam rangka memeriahkan HUT 164 Tahun Kabupaten Cilacap.

Menurut keterangan Ketua ORARI Lokal Cilacap Anwar Faozi, S.H. pelaksanaan  special call 8A164CLP tahun 2020 meskipun dalam suasana keprihatinan akibat Covid 19 berjalan lancar dan sukses. Dari pemantauan dan hasil rekapitulasi terlogsheet 735 stasiun amatir radio yang sudah berkomunikasi atau berQSO dan mengucapkan selamat hari jadi ke 164 kabupaten Cilacap. Termasuk stasiun amatir radio dari luar negeri.

“Atas partisipasi mereka akan diberikan certificate atau piagam sebagai bukti telah berkomunikasi dan bentuk ucapan terimakasih,”  kata Anwar.

Baca juga : Diskominfo Cilacap Himbau Masyarakat Tak Sebar Hoaks COVID-19

Anggota amatir radio yang bertugas menjadi operator dan memancar pada Very High Frequency/FM 2 meter band Mustofa (YD2CDJ), HF (high frequency) 40 meter band operator Rivai (YE3AA) mengoperasikan mode CW atau Kode Morse, Anwar (YB2CAA) Eny (YC2CAB) untuk SSB, Agung (YC2DFD) Anwar (YB2CAA) mengoperasikan mode digital FT8 serta Soedirno (YC2BSS) operator SSB 80 meter band.(era/dn/kominfo)


Jumlah Pengunjung : 47