You are currently viewing 75 Tahun Kemerdekaan RI, Pemerintah Tanamkan Spirit Kebangsaan

75 Tahun Kemerdekaan RI, Pemerintah Tanamkan Spirit Kebangsaan

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Upacara Bendera peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI. Acara tersebut digelar di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (17/8) diikuti seluruh Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Meski menerapkan protokol kesehatan ketat, upacara berlangsung khidmat. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutannya, Bupati membacakan amanat dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Cilacap

Pesan yang disampaikan yakni di usia 75 tahun Republik Indonesia, spirit jangan mengeluh harus senantiasa tertanam di dalam sanubari masing-masing. Seberat apapun hidup yang dijalani, termasuk di tengah pandemi yang tengah mewabah saat ini.

“Inilah saatnya kita menengok sanubari untuk menakar seberapa besar kadar cinta kita terhadap negeri”, kata Bupati membacakan sambutan Gubernur.

Keadaan ini juga dapat dilihat dari heroisme perjuangan para pendahulu, baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan. Dengan persenjataan yang sederhana dan terbatas, Bangsa Indonesia memiliki sebuah senjata pamungkas, yakni tekad bulat terbebas dari penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan.

“Spirit itulah yang harus kita jaga untuk menghadapi tantangan kedepan”, tegas Bupati.

WhatsApp Image 2020 08 17 at 09.43.06 2

Pelaksanaan Upacara Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI berlangsung lancar. Meski demikian ada beberapa penyesuaian dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI kali ini. Selain penerapan protokol kesehatan antar petugas dan peserta, Pemkab Cilacap akan mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI secara virtual dari Istana Negara.

Sekretariat Presiden halaman Pandang Istana yang merupakan kanal resmi upacara virtual HUT ke – 75 Kemerdekaan RI, di mana masyarakat dapat berpartisipasi dalam acara tesebut. Namun karena kuota telah terpenuhi, masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung televisi maupun kanal YouTube Sekretariat Presiden pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya untuk turut menghormati peringatan Kemerdekaan RI, masyarakat diminta untuk menghentikan aktivitas sejenak dan mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB. Seluruh rangkaian acara ini dapat diikuti secara virtual melalui siaran televisi maupun kanal YouTube.(dn/kominfo)

Baca Pedoman 75 Tahun Kemerdekaan RI

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM