You are currently viewing 794 CPNS Formasi 2019 Terima SK Pengangkatan
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menyerahkan SK Pengangkatan kepada perwakilan CPNS formasi 2019.

794 CPNS Formasi 2019 Terima SK Pengangkatan

CILACAP – Sebanyak 21 formasi CPNS tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap masih kosong. Penyebabnya antara lain tidak ada peserta yang mendaftar hingga tidak ada peserta yang lolos seleksi pada formasi tersebut.

“Kemungkinan kualifikasi yang diperlukan tiidak ada yang mendaftar, kedua karena tidak lulus”, kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Warsono, usai penyerahan SK CPNS Formasi 2019 di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Selasa (26/1/2021).

Menurut Warsono, Panitia Seleksi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) telah berupaya melakukan pergeseran, untuk pemerataan formasi CPNS. Pada satu formasi dengan peserta yang lolos lebih dari satu, digeser untuk mengisi kekosongan formasi di instansi lainnya.

Meski demikian, hal tersebut masih menyisakan 21 formasi yang belum terisi. Di sisi lain, usulan pengadaan CPNS formasi 2021 tidak bisa menutup kekosongan tersebut, karena dialokasikan pada formasi yang berbeda. “Penerimaan tahun ini usulannya beda. Kita usulkan 6.000 lebih untuk formasi 2021 baik CPNS maupun PPPK. Turunnya berapa nanti kita lihat”, tambanya.

Berdasarkan data dari analisis jabatan pada BKPPD Kabupaten Cilacap, kebutuhan pegawai negeri di Kabupaten Cilacap mencapai 24 ribuan orang. Dari jumlah tersebut prosentasi formasi yang terisi baru sekitar 11 ribuan formasi atau 50 persen. “Kita melakukan personal approach ke Jakarta. Nanti penyelesaiannya bagaimana, apa dengan PPPK atau honorer, kita ikut”, tegasnya.

Penyerahan SK CPNS 2019 Kab Cilacap

Sebagai informasi, dari kuota 815 formasi CPNS Kabupaten Cilacap tahun 2019, ada 794 peserta yang berhasil lulus seleksi tahap akhir. SK CPNS diserahkan secara simbolis oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada tiga perwakilan, dihadiri 34 CPNS di lingkungan Sekretariat Daerah.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf beserta para asisten, Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap Suswatiningsih, beserta para pejabat dan perwakilan OPD terkait.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berpesan agar CPNS dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk itu ada tiga hal yang harus diperhatikan yakni etika, kapabilitas (capable), dan estetika. Etika menjadi aspek penting, terutama saat berinteraksi dengan atasan dan karyawan lainnya. Dan kapabilitas yang menjadi factor apakah yang bersangkutan mampu bekerja di bidangnya.

Sedangkan estetika adalah bagaimana citra diri yang ditampilkan, mulai dari kepribadian hingga pembawaan personal yang bersangkutan. “Artinya anda yang menjadi PNS, kedepan memiliki empowerment, inovasi, gagasan-gagasan yang tidak bisa didapat begitu saja. Tetapi belajar. Inilah tantangan, anda harus mau belajar”, kata Bupati.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM