ABK Warga Filipina Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal Dunia
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, ST.,MM memberikan pernyataan resmi terkait ABK Warga Filipina yang meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19.

ABK Warga Filipina Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal Dunia

CILACAP – Seorang ABK kapal asing yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia, Selasa (11/5/2021) dini hari. ABK berinisial DRQ (50) tersebut merupakan warga berkebangsaan Filipina yang dirawat di RSUD Cilacap sejak Jumat (30/4/2021).

“Saat ini sedang dikoordinasikan oleh agen kapal, Kedutaan Besar Filipina dan pihak keluarga, apakah akan dimakamkan di Indonesia atau dikremasi dan abunya dibawa ke Filipina”, kata Sekretaris DaeraH Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST.,MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, Selasa (11/5/2021).

Sesuai regulasi Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 424/MENKES/SK/IV/ TAHUN 2007 Tentang Pedoman Upaya Kesehatan Pelabuhan dalam Rangka Karantina Kesehatan, jenazah yang meninggal karena penyakit menular tidak dapat dibawa keluar wilayah Republik Indonesia. “Sehingga hasil koordinasi antara agen kapal dan kedutaan besar dengan keluarga akan menentukan langkah selanjutnya”, tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan kronologis perawatan ABK berkebangsaan Filipina tersebut. “Sebelumnya pasien sempat mendapatkan immunoglobulin, dan tanda tanda vilat seperti tekanan darah, denyut nadi, saturasi, suhu dan pernapasan terpantau baik”, kata Pramesti.

Namun pada 11 Mei pukul 01.45 WIB kondisi pasien memburuk. Setengah jam kemudian pasien mengalami henti jantung. Upaya pertolongan dilakukan dengan resusitasi jantung paru. Namun tidak ada respon, hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM