You are currently viewing Ajak Masyarakat Jadi Jurnalis Melalui SIBER MAYA
Halaman depan SIBER MAYA pada desktop dan smartphone

Ajak Masyarakat Jadi Jurnalis Melalui SIBER MAYA

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berinovasi untuk meningkatkan literasi dan komunikasi dua arah dengan masyarakat. Salah satunya melalu aplikasi SIBER MAYA (Sistem Informasi dan Berita Masyarakat Cilacap Bercahaya).

Aplikasi SIBER MAYA adalah aplikasi yang dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap sebagai platform untuk mengelola informasi dan komunikasi publik secara optimal di tengah Revolusi Industri 4.0.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Cilacap, Sherly Dyah Permanasari, aplikasi ini memungkinkanmasyarakat untuk berperan sebagai jurnalis warga dengan mengirimkan konten seperti teks, foto, dan video, yang kemudian diverifikasi oleh redaktur/jurnalis sebelum dipublikasikan.

“SIBER MAYA juga mendorong budaya gemar menulis bagi masyarakat. Di dunia maya yang dinamis, SIBER MAYA berusaha membangun citra daerah yang lebih terarah dengan kesadaran dan literasi digital kepada warganet”, ujar Sherly saat Uji coba SIBER MAYA Selasa (25/6/2024).

Screenshot 352

Selain itu, sebagai forum publik, SIBER MAYA memungkinkan warga Kabupaten Cilacap dan sekitarnya memberikan bahan materi publikasi potensi lokal dari berbagai sektor dengan menjunjung tinggi kode etik dalam dinamika di dunia maya.

SIBER MAYA akan dilaunching dan bisa mulai digunakan pada 16 Juli 2024. Masyarakat yang ingin mendaftar menjadi kontributor di Siber Maya bisa melalui whatsapp wa.me/+628112545453 . Setiap tulisan yang terbit pada aplikasi, kontributor berhak mendapatkan sertifikat resmi dari Diskominfo Cilacap. (my/kominfo)

Islamia A Sholihah

DISKOMINFO REPORTER TEAM