You are currently viewing Amankan Penyekatan Mudik, Forkopimda Tinjau Pos Pam Lebaran
Bupati Tatto S. Pamuji meninjau Pos Pengamanan Mergo Operasi Ketupat Candi 2021, Kamis (6/5/2021).

Amankan Penyekatan Mudik, Forkopimda Tinjau Pos Pam Lebaran

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai memberlakukan penyekatan arus mudik jelang lebaran 1.442 H / 2021. Pada hari pertama, petugas gabungan telah menghalai 45 kendaraan dari luar kota yang hendak memasuki wilayah Kabupaten Cilacap.

“Untuk laporan awal sudah ada 45 kendaraan yang diputar balik”, kata Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi saat peninjauan Pos PAM Lebaran di Terminal Bangga Mbangun Desa, Kamis (6/5/2021).

Untuk memastikan upaya ini berjalan efektif, jajaran Forkopimda yang dipimpin Bupati Tatto Suwarto Pamujii juga meninjau sejumlah Pos PAM lainnya. Yakni Pos PAM Rawaapu Patimuan, Sidareja, Mergo Dayaeuhluhur, hingga Pos PAM Terpadu di Kota Banjar Patroman, Jawa Barat.

“Kami siapkan personil gabungan dari Polri, TNI, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, ditambah beberapa ormas seperti Saka Bhayangkara, ORARI, Banser sekitar 876 personil. Penyekatan ini tidak hanya pada jalur utama, tetapi juga pada jalur jalur tikus di setiap wilayah”, tambah Kapolres.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, larangan mudik ini juga berlaku untuk ASN dan karyawan di jajaran Pemkab Cilacap. Ada persyaratan bagi pelaku perjalanan menggunakan kendaraan pribadi meliputi pemenuhan sejumlah berkas atau dokumen, hingga karantina.

“Ini perintah, dibuat peraturan sehingga harus ditegakkan. Makanya saya melarang khususnya ASN tidak boleh mudik. TNI Polri juga harus stand by”, kata Bupati.

Sementara itu data Polres Cilacap mencatat, pemudik yang masuk Kabupaten Cilacap pada periode 29 April hingga 3 Mei sebanyak 941 orang. Mereka diizinkan masuk ke Kabupaten Cilacap setelah menunjukkan hasil tes PCR/swab negatif, dan wajib melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM