Sempat Turun, Angka Covid-19 di Cilacap Kembali Naik
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, menyampaikan data terkini perkembangan Covid-19 di Kabupaten Cilacap, Selasa (1/9).

Sempat Turun, Angka Covid-19 di Cilacap Kembali Naik

CILACAPAngka Covid-19 di Kabupaten Cilacap kembali melonjak. Kali ini ada 18 orang yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan laboratorium. Data ini berdasarkan rekapitulasi sejak Rabu 26 Agustus hingga Selasa 1 September 2020.

18 orang tersebut yakni 3 orang masing masing dari Kecamatan Majenang, Sidareja, dan Kroya. 2 orang dari Kecamatan Karangpucung, 3 orang dari Kecamatan Nusawungu, 4 orang dari Kecamatan Cilacap Tengah, dan 6 orang dari Kecamatan Cilacap Utara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST.,MM dalam rilis mingguan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap menjelaskan, dari jumlah tersebut, 13 orang yang dinyatakan positif Covid-19 yang terdiri dari 5 orang ASN dari 5 OPD, 1 mahasiswa KKN di 1 OPD, 3 orang ASN di 3 Kantor Kelurahan, dan 4 orang kontak erat hasil tracing Puskesmas. Meski tak menunjukkan gejala, mereka diisolasi mandiri, baik dirumah maupun di RSUD.

“Untuk karyawan di 6 OPD dan 3 Kantor Kelurahan mulai tadi pagi sudah dilakukan swab massal bagi seluruh karyawan, terjadwal sampai hari Rabu 2 Sept. OPD dan 3 Kantor Kelurahan juga dilakukan desinfeksi secara masif, dilanjutkan dengan WFH bagi sebagian karyawan secara bergantian dan menerapkan Protokol Kesehatan di setiap kegiatan  perkantoran secara ketat”, jelasnya.

Baca juga : Angka Covid-19 Melonjak, Bupati Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

Selain lonjakan pasien Covid-19, Tim Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap juga menerima hasil laboratorium 8 orang yang dinyatakan sembuh. Yakni 3 orang masing-masing dari Kecamatan Kesugihan, Cilacap Selatan, dan Cilacap Tengah. Kemudian 2 orang dari Kecamatan Kroya, dan 3 orang dari Kecamatan Cilacap Utara. Selain itu ada 2 orang yang dinyatakan negatif, masing-masing dari Kecamatan Jeruklegi dan Binangun.

Dengan perkembangan terkini, jumlah angka Covid-19 sebanyak 125 orang dengan rincian 104 sembuh, 19 dalam perawatan dan 2 meninggal. Prosentasenya, angka kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Cilacap adalah 83,2 %, dan angka kematiannya 0,8 %. Adapun kasus suspek saat ini sebanyak 3 orang dan kontak erat sebanyak 152 orang.

Mengingat angka Covid-19 di Kabupaten Cilacap masih sangat dinamis, Sekda kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Memakai masker saat bepergian, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 138
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM